Berguru Jauh ke Finlandia

(RRI)
foto
Penulis: Tjuk Suwarsono

KBRN, Jakarta: Belajarlah hingga ke negeri Cina, begitu kata pepatah. Tetapi untuk urusan mutu pendidikan dasar, menengah, hingga tinggi, banyak negara belajar ke Finlandia.

Republik Finlandia adalah sebuah negara Nordik di Eropa Utara, anggota dari Uni Eropa. Finlandia merupakan bagian dari kawasan geografi Fennoscandia, yang di dalamnya juga termasuk Skandinavia dan sebagian Rusia. Tahun 2013, populasi Finlandia sekitar 5,5 juta jiwa dan mayoritas tinggal di kawasan selatan.  Lebih dari 1,4 juta jiwa tinggal di kawasan Helsinki Raya, yang menghasilkan sepertiga produk domestik bruto negara. Kota besar lainnya adalah TampereTurkuOuluJyväskyläLahti, dan Kuopio.

Dari akhir abad ke-12 hingga 1809, Finlandia adalah bagian dari Swedia, yang pengaruhnya masih dirasakan dengan bahasa Swedia yang digunakan luas dan merupakan salah satu bahasa resmi.

Finlandia termasuk negara industri yang relatif baru, negara ini masih menggantungkan diri dari sektor pertanian hingga 1950-an. Ekonominya ketika Finlandia mengembangkan model negara kesejahteraan yang melejitkan kemakmuran, saat ini menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia.  Finlandia menduduki peringkat teratas dalam daya saing ekonomi, kebebasan sipil, kualitas hidup, dan pembangunan manusia. Tahun 2010, Newsweek memilih Finlandia sebagai negara terbaik di dunia. (Sumber Wikipedia)

Selanjutnya : Lebih Banyak Bermain

Halaman 1 dari 4

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00