FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Pfizer: Vaksin COVID-19 Ketiga Diperlukan

(Deutsche Welle)

KBRN, New York: Suntikan dosis vaksin virus corona ketiga "kemungkinan" dibutuhkan bagi mereka yang telah menerima dua dosis pertama dalam 12 bulan, kata kepala eksekutif Pfizer.

Dr Albert Bourla mengatakan suntikan itu diperlukan "antara enam dan 12 bulan" setelah yang suntikan kedua - dan setiap tahun setelahnya.

Dr Bourla mengatakan bahwa varian COVID-19 "akan memainkan peran kunci" dalam seberapa sering orang perlu meningkatkan kekebalan COVID mereka seiring berjalannya waktu - dengan cara yang mirip dengan bagaimana vaksin flu diperbarui dan diberikan kembali dari tahun ke tahun, seperti dikutip dari Sky News, Jumat (16/4/2021).

Dalam komentar yang dipublikasikan pada Kamis (15/4/2021), Dr Bourla mengatakan bahwa vaksin Pfizer-BioNTech telah terbukti memberikan kekebalan selama enam bulan.

Dia menambahkan, "Tapi perlindungan turun seiring waktu. Sangat penting untuk menekan kumpulan orang yang rentan terhadap virus."

Di Inggris, Menteri Vaksin Nadhim Zahawi mengatakan bahwa empat kelompok prioritas teratas dapat diundang untuk menerima dosis penguat ketiga paling cepat September.

Di AS, pejabat kesehatan sudah mempersiapkan dosis penguat yang akan dikeluarkan antara sembilan dan dua belas bulan setelah orang divaksinasi penuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00