AS: Jalur Diplomasi untuk Korut Capai Denuklirisasi

KBRN, Jakarta: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anton Blinken menyatakan, pihaknya mendorong Korea Utara untuk memutuskan upaya mencapai denuklirisasi secara diplomatis di Semenanjung Korea.

“Saya berharap Korea Utara akan mengambil kesempatan untuk terlibat secara diplomatis dan untuk melihat apakah ada cara untuk bergerak maju menuju tujuan denuklirisasi Semenanjung Korea," ucap Blinken dalam konferensi pers usai pertemuan para Menteri Luar Negeri G7, Senin (03/05/2021) di London, Inggris.

Dalam pertemuan itu Blinken turut menegaskan, keputusan terlibat secara diplomatis mencapai denuklirisasi di Semenanjung Korea berada sepenuhnya di tangan Korea Utara.

“Jadi, kita akan melihat tidak hanya apa yang dikatakan Korea Utara tetapi apa yang sebenarnya dilakukannya. Menurut saya, tergantung pada Korea Utara untuk memutuskan apakah mereka ingin terlibat atau tidak atas dasar itu,” tegasnya.

Pemerintahan Biden mengumumkan kebijakan baru terkait Korea Utara, Jumat (30/04/2021) setelah peninjauan yang panjang.

Denuklirisasi lengkap Korea Utara tetap menjadi tujuan AS di bawah kebijakan baru dengan pemerintah mengatakan, akan mengeksplorasi diplomasi tetapi tidak mencari "kesepakatan besar" dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Dilansir Aljazeera.com Korea Utara ingin AS dan sekutunya mencabut sanksi ekonomi yang dikenakan atas program senjata dan sejauh ini menolak permohonan diplomatik dari pemerintahan Biden.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan, terdapat pergeseran ke arah "negara-negara yang berpikiran sama" yang bekerja lebih erat dalam menghadapi negara-negara yang bermusuhan seperti Rusia dan Tiongkok.

“London dan Washington berdiri "bahu-membahu" dalam masalah-masalah seperti ini,” terang Raab dilansir BBC.com. (Foto : Istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00