Sibuk Sekat WNI, WNA China Terus Berdatangan

WNA asal China berdatangan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

KBRN, Tangerang: Saat semua pihak disibukan dengan penyekatan aturan pelarang mudik Lebaran 2021, sejumlah Warga Negara Asing (WNA) asal China justru masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta. Mereka menggunakan pesawat Xiamen Air dengan nomor penerbangan MF855 dari Fouzhou dan dikabarkan sebanyak 171 penumpang.

Salah satu sumber dari internal Polresta Bandara Soekarno Hatta yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dari kabar 171 WNA asal China yang tiba di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta hanya 47 orang debgan rincian 46 WNA dan satu WNI.

“Yang jumlahnya bukan 171, melainkan 46 WNA dan satu WNI,” beber sumber tersebut kepada RRI.co.id, Jumat (7/5/2021).

Dia menguraikan, kedatangan mereka pada Kamis (6/5/2021), pukul 12.00 WIB. Namun, hingga pukul 18.00 WIB, hanya 17 WNA asal China yang terlihat keluar dari pintu bandara menuju bus yang telah disiapkan oleh pihak otoritas bandara.

"Sesuai pendataan baru 17 yang sudah terdata keluar," terangnya.

Ia juga mengungkapkan, bila Sabtu (8/5/2021), akan kembali tiba 166 WNA asal China menggunakan pesawat China Southern dengan nomor penerbangan CZ387 rute Guangzhou-Bandara Soekarno Hatta (Jakarta). “Informasi yang saya terima para WNA China itu tiba pada pukul 05.35 WIB dini hari,” ucapnya.

Terpisah, Kepalan Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPA Soekarno Hatta, Romi Yudianto enggan berkomentar perihal kedatangan WNA asal China tersebut. Pihaknya Humas Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPA Soekarno Hatta, Riki meminta agar langsung menanyakan perihal kedatangan WNA tersebut kepada Direktorat Imigrasi pusat. 

"Belum ada statement resmi dari Kepala Kantor Imigrasi (Romi Yudianto, Red). Arahan kantor Imigrasi, kali ini yang akan bicara dari pusat, (Direktorat Jenderal Imigrasi, Red)," singkatnya saat dikonfirmasi RRI.co.id.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00