Kasus Covid-19 Tokyo Tertinggi Saat Ajang Olimpiade

Ilustrasi (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Tokyo, Jepang yang dimana merupakan tempat berlangsungnya Olimpiade 2020 saat ini diketahui memiliki kasus Covid-19 tertinggi.

Hal tersebut terlihat per Selasa (27/7/2021) kemarin dilaporkan sebanyak 2.848 kasus Covid-19 terkonfirmasi di kota tersebut.

Melansir melalui Reuters, Rabu (28/7/2021) kasus tertinggi saat ini disebabkan oleh varian delta yang memang punya penyebaran lebih cepat dan juga risiko rawat inap yang lebih tinggi dibanding virus aslinya.

"Ini varian Delta," kata Kenji Shibuya, mantan direktur Institute for Population Health di King's College London.

Dari data yang dilaporan, varian Delta ini dipercaya memang telah meningkatkan jumlah pasien rawat inap. Bahkan dalam sebulan terakhir tercatat ada kenaikan hingga dua kali lipat.

Diketahui setidaknya hanya 20,8 persen dari 12.635 pasien COVID-19 di Tokyo saat ini yang dapat memperoleh perawatan di rumah sakit. Jika persentase menyentuh di bawah ambang batas 25 persen, maka pemerintah harus segera mengeluarkan pernyataan darurat.

Meskipun begitu, pernyataan darurat keempat telah dinyatakan hingga Olimpiade berakhir nanti. Ini merupakan upaya pemerintah Jepang untuk menekan persentase keterisian rumah sakit.

Walau Olimpiade sedang berlangsung, Shibuya mengatakan belum diketahui seberapa besar pengaruh ajang olahraga terbesar tersebut terhadap lonjakan kasus yang terjadi di Tokyo. Karena ia menganggap jika adanya sikap yang tidak konsisten pada pemerintah setempat.

"Pemerintah telah mengirimkan sinyal bahwa orang-orang seharusnya tinggal di rumah pada saat yang sama mereka merayakan Olimpiade. Ini adalah pesan yang sama sekali tidak konsisten," pungkas Shibuya. (AL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00