FOKUS: #VAKSIN COVID-19

ICRC Dukung Program Vaksinasi Wilayah Timur Indonesia

Komite Palang Merah Internasional (ICRC) merupakan salah satu mitra pemerintah dalam menjalankan program vaksinasi nasional. ICRC bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan Palang Merah Indonesia (PMI), belum lama ini merampungkan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia bagian Timur, di antaranya, NTT, Maluku, Papua dan Papua Barat. Kepala Delegasi ICRC untuk Indonesia dan Timor Leste, Alexandre Faite, menyebut, dalam pertemuan bersama Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartanto, pihaknya telah mengemukakan untuk tetap mendukung program vaksinasi nasional di wilayah Timur, terutama dalam memberikan sosialisasi pentingnya vaksinasi COVID-19 kepada warga. (Retno Mandasari/RRI)

KBRN, Jakarta: Komite Palang Merah Internasional (ICRC) merupakan salah satu mitra pemerintah dalam menjalankan program vaksinasi nasional.

ICRC bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan Palang Merah Indonesia (PMI), belum lama ini merampungkan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia bagian Timur, di antaranya, NTT, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Kepala Delegasi ICRC untuk Indonesia dan Timor Leste, Alexandre Faite, menyebut, dalam pertemuan bersama Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto, pihaknya telah mengemukakan untuk tetap mendukung program vaksinasi nasional di wilayah Timur, terutama dalam memberikan sosialisasi pentingnya vaksinasi COVID-19 kepada warga.

“PMI itukan memiliki pengalaman lama untuk sosialisasi mengenai nilai-nilai kemanusiaan. Juga nilai kemasyarakatan. Sukarelawan PMI bisa kemana-mana ke masyarakat. Saya akan sampaikan kepada beliau (Airlangga Hartanto-red) daerah mana, yang mungkin menurut beliau untuk bisa kerja sama lebih lanjut. Untuk sosialisasi atau outreach,” ungkap Faite dalam pertemuan Wakil Presiden ICRC dengan PMI, diikuti RRI.co.id di Jakarta, Selasa (07/12/2021).

Dikatakan Alexandre, setidaknya lebih dari 50 ribu jiwa telah divaksinasi, dalam program vaksinasi nasional yang dilaksanakan ICRC, PMI serta kementerian kesehatan di empat provinsi di wilayah timur Indonesia.

BACA JUGA: ICRC Puji Kinerja Palang Merah Indonesia

“Namun, di atas 50 ribu dan itu menjadi simbolis juga. Karena, di beberapa daerah kadar vaksinasi cukup tinggi dan itu bisa menjadi simbolis untuk meneruskan pekerjaan dengan PMI untuk mendukung kementerian kesehatan,” jelasnya.

Wakil Presiden ICRC Gilles Carbonnier menyebut, kolaborasi bersama PMI dan kementerian kesehatan adalah sebagai upaya untuk memastikan vaksinasi COVID-19 dapat menjangkau warga yang tinggal di wilayah terpencil sekalipun.

“Saya juga mengakui kerja sama yang kita lakukan bersama belum lama ini di Papua, serta di provinsi lainnya di wilayah Timur Indonesia. Guna memastikan kita bisa membawa vaksin dan kementerian kesehatan bisa melakukan vaksinasi kepada penduduk yang tinggal di wilayah yang sangat sulit untuk dijangkau,” terang Carbonnier.

Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said mengakui, program vaksinasi nasional di Indonesia bagian Timur memerlukan dukungan tenaga kesehatan dan vaksinator, yang kemudian difasilitasi oleh PMI.

“Diakui akses wilayah timur itu sulit. Kita tahu supply vaksin cukup baik yang membutuhkan dukungan adalah tenaga kesehatan dan pelaksana vaksinasi. Dalam hal ini PMI memberikan bantuan dari segi itu, jaringan kita di berbagai markas-markas kemudian tenaga kesehatan yang kita gunakan dan pembiayaan operasional dari ICRC,” papar Sudirman Said.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar