Hubungan Rakyat Indonesia-Israel di Luar Kendali Pemerintah

Jubir Kemlu RI Teuku Faizasyah tidak mengelak adanya hubungan antar masyarakat Indonesia dan Israel, yang terjalin sejak sebelum adanya pandemi COVID-19. (Foto:KemluRI)

KBRN, Jakarta: Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri, menampik isu normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel yang diberitakan oleh media asing sejak beberapa bulan terakhir.

Baru-baru ini radio militer Israel melaporkan kedatangan delegasi pejabat dari Indonesia untuk membahas mengenai penanganan COVID-19, yang kemudian dibantah oleh Kementerian Kesehatan RI melalui Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Siti Nadia Tarmizi.

“Memang tidak ada interaksi antar official kedua negara. Karena, kita tidak memiliki hubungan diplomatik,” ungkap Juru Bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah dalam pengarahan pers mingguan secara daring, Kamis (20/01/2022).

Meski demikian, Faizasyah tidak mengelak adanya hubungan antar masyarakat Indonesia dan Israel, yang terjalin sejak sebelum adanya pandemi COVID-19.

“Namun di luar itu memang kita bisa melihat adanya hubungan people to people. Sebelum COVID-19 banyak masyarakat kita melakukan kunjungan keagamaan ke berbagai situs bersejarah di Israel dan Palestina. Dengan demikian itu suatu keniscayaan interaksi di level people to people,” jelasnya.

Menurut Faizasyah, perlu adanya pembedaan dalam menyikapi hubungan yang bersifat resmi dan bisnis terhadap Israel.

“Oleh karena itu harap dibedakan hal-hal yang bersifat resmi antar pemerintah dan hubungan yang bersifat bisnis dan people to people yang bersifat di luar kendali pemerintah,” kata Faizasyah.

Prinsip Indonesia terkait Palestina tidak berubah, yaitu mendorong penyelesaian damai sesuai hukum internasional dan parameter yang telah disepakati.

“Dalam hal ini adalah kita berbicara mengenai solusi damai two state solution antara Palestina dan Israel yang hidup berdampingan berdasarkan berbagai resolusi PBB yang sudah dikeluarkan dengan mengacu pada resolusi pada 1967,” papar Jubir Kemlu RI.

Ditambahkan Faizasyah, Menlu RI Retno Marsudi bahkan telah menyampaikan langsung sikap Indonesia terkait Palestina, ketika menggelar pertemuan dengan Menlu Amerika Serikat Antony Blinken di Jakarta Desember 2021 lalu.

“Dari sisi posisi Indonesia, sebagaimana yang sudah ditekankan oleh Ibu Menlu saat beliau bertemu Menlu Blinken. Kita memberikan support pada nasib bangsa Palestina dan juga kita sangat terus bekerja untuk kemerdekaan Palestina dalam rangka two state solution,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar