Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Rakyat Indonesia untuk Ukraina

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan keterangan pers terkait lawatan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Kiev, Ukraina, Rabu (29/6/2022) pagi waktu setempat. (Foto:Tangkap Layar YouTube)

KBRN, Jakarta : Dalam lawatannya ke Kiev, Ukraina, Rabu (29/06/2022), Presiden Joko Widodo langsung meninjau Kota Irpin, yang merupakan salah satu kota terdampak parah perang.

"Presiden dan rombongan telah tiba di Kiev, 08.50 waktu setempat. Sejam kemudian presiden ke Kota Irpin dan meninjau reruntuhan yang terdampak perang. Presiden dan Ibu Negara diterima Wali Kota Irpin (Alexander Grigorovich Markushin) dan dijelaskan mengenai kota. Lebih dari 70% bangunan terdampak karena perang, 40 persen penduduk telah kembali ke Kota Irpin," ungkap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam keterangan pers yang dikutip melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022) dini hari WIB.

Pada hari yang sama, Presiden dan Ibu Negara juga menyerahkan bantuan obat-obatan secara simbolis dari rakyat Indonesia.

"Dari kota Irpin Bapak Presiden dan Ibu Negara meninjau salah satu rumah sakit di sekitar Kiev. Dimana Ibu Negara menyerahkan bantuan baik dari pemerintah maupun dari masyarakat Indonesia berupa obat-obatan, yang diperlukan oleh rumah sakit-rumah sakit yang ada di Ukraina," jelas Menlu RI.

Ditambahkan Retno, Indonesia juga menyatakan komitmennya untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang. 

"Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang," katanya.

Presiden Joko Widodo dan Presiden Volodymyr Zelenskyy dijadwalkan akan menggelar pertemuan bilateral pada Rabu (29/06/2022) siang waktu setempat. 

"Pagi hari tadi menjelang persiapan pertemuan presiden RI dan Presiden Zelensky, tadi pagi saya sudah bertemu dengan Menlu Ukraina dan kita membahas persiapan terakhir," pungkas Retno. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar