Pakistan Harap Indonesia Hasilkan Solusi untuk Myanmar

Duta Besar Pakistan di Jakarta, Muhammad Hasan, optimis kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada 2023, mampu menghasilkan solusi untuk rakyat Myanmar. (Foto:RetnoMandasari/RRI)

KBRN, Jakarta: Duta Besar Pakistan, Muhammad Hasan menyebut krisis di Myanmar menjadi tantangan terbesar Indonesia, selaku pemimpin ASEAN pada 2023. Meski demikian, kepemimpinan Indonesia di ASEAN diharapkan mampu menghasilkan solusi untuk rakyat Myanmar.

“Seperti yang saya tahu, Indonesia selalu mengambil peran utama di dalamnya. Sebagai ketua organisasi, Indonesia akan dapat membawa solusi yang langgeng untuk masalah mereka (rakyat Myanmar),” kata Muhammad Hasan ketika ditemui di sela-sela perayaan Hari Kemerdekaan Pakistan ke–75, Minggu (14/08/2022) di Jakarta.

Muhammad Hasan berharap kesuksesan Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 ini, akan diulangi saat kepemimpinan ASEAN 2023.

“Kami melihat kepemimpinan Indonesia di G20 dan kebijaksanaan kepemimpinan baru untuk menjadi pemimpin bijaksana. Meskipun, terjadi banyak masalah, karena perang Ukraina dan Anda tahu tekanan untuk mengecualikan satu anggota dan lainnya,” ujar Dubes Hasan.

Pakistan berkeinginan proposal untuk sepenuhnya menjadi Mitra Dialog ASEAN dapat dikabulkan dalam keketuaan Indonesia tahun depan.

“Indonesia selalu menjadi teman Pakistan di ASEAN.  Kami berharap selama Presidensi Indonesia, kami akan mendapatkan kemitraan dialog penuh yang akan menjadi “bulu lain di topi” Indonesia sebagai teman Pakistan,” kata Dubes Hasan.

Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada 2023 mendatang, menggantikan keketuaan yang dipegang Kamboja pada tahun ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar