India Dukung Keketuaan Indonesia di ASEAN

Duta Besar India di Jakarta, Manoj K. Bharti mengungkapkan, India mendukung keketuaan Indonesia pada 2023. (Foto:KedubesIndia)

KBRN, Jakarta : Indonesia akan memulai keketuaannya di ASEAN pada 2023 mendatang setelah Kamboja. Dukungan pun mulai diberikan para mitra dialog ASEAN, termasuk India. 

Duta Besar India di Jakarta, Manoj K. Bharti mengungkapkan, India sepenuhnya mendukung keketuaan Indonesia tahun depan.

“Kami mendoakan yang terbaik untuk Indonesia. Kami selalu bekerja sama dengan ASEAN khususnya dengan Indonesia,” kata Manoj K. Bharti ditemui saat perayaan Hari Kemerdekaan India ke – 75 di India House, Jakarta, Senin (15/08/2022).

Pihaknya juga optimis kerja sama India-ASEAN akan semakin kuat tahun depan.

“Kami dapat meyakinkan Anda bahwa kerja sama India-ASEAN di bawah kepemimpinan Indonesia akan semakin kuat di masa kepresidenan,” kata Bharti.

Terkait krisis di Myanmar yang belum selesai, Manoj mengharapkan keketuaan Indonesia dapat membuat pemimpin Myanmar mendengarkan ASEAN.

“Indonesia telah membuat langkah maju yang sangat penting dan saya memuji Indonesia atas semua langkah yang telah mereka ambil. Saya berharap kepemimpinan di Myanmar mendengarkan keinginan ASEAN untuk kembali menjadi anggota efektif ASEAN,” ucapnya.

Manoj memastikan India juga akan berperan aktif untuk membantu Myanmar kembali ke forum ASEAN.

“Myanmar adalah tetangga yang sangat dekat dengan India, kami juga memiliki perbatasan teritorial dengan mereka. Kami akan melakukan segalanya dalam kapasitas kami untuk membantu Myanmar kembali ke forum ASEAN,” kata Dubes India.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar