Gempa Guncang Yunani, Sejumlah Bangunan Rusak

Ilustrasi Gempa (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat adanya gempa di Yunani berkekuatan magnitudo 6,3 pada Rabu (3/3/2021) kemarin. 

Gempa yang berpusat di dekat kota Tyranos, di utara Athena tersebut merusak ratusan bangunan dan kendaraan, bahkan puluhan orang terluka. Namun dalam kejadian ini jumlah korban jiwa dinyatakan nol atau tidak ada.

Dilansir dari Reuters, Kamis (4/3/2021) Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) merevisi gempa yang semula 6,9 menjadi magnitudo 6,2. Ahli seismologi Yunani juga mengatakan terjadi sejumlah gempa susulan (after shock) setelah gempa utama, termasuk salah satunya berkekuatan 5,9. 

Warga sempat panik berhamburan menyelamatkan diri ketika terjadi gempa pertama. Warga setempat meminta bantuan masker, air bersih, tenda, dan kebutuhan pokok untuk bayi dan anak-anak.

"Kami membutuhkan bantuan berupa masker medis, air, kebutuhan pokok, tenda untuk bayi dan anak-anak dan lansia," kata warga setempat Victoria Megka.

Sebuah desa di dekat Damasi mengalami kerusakan serius sehingga penduduknya diminta untuk mengungsi di stadion setempat. Sekitar 63 siswa berhasil dievakuasi ketika gempa terjadi.

Sementara itu di daerah lain, petugas pemadam kebakaran menyelamatkan seorang lansia cacat dari sebuah rumah ketika beberapa bagian rumahnya runtuh. Sejauh ini tidak ada laporan orang yang terjebak di gedung dan rumah.

Kebanyakan gempa yang mengguncang Yunani hanya menimbulkan kerusakan kecil dan minim korban jiwa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00