Desa Salenrang Maros Terima Trophy Utama Dalam Festival Proklim 2021

KBRN, Makros : Kabupaten Maros menerima penghargaan Trophy Utama dalam ajang Festival Proklim 2021 yang dilaksanakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dengan tema Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Ketahanan terhadap Perubahan Iklim.

Penghargaan tersebut diraih dalam Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat Utama tahun 2021 itu,  diberikan langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M. SC, yang diterima oleh Plt Dinas Lingkungan Hidup Andi Rosman yang dilakukan secara virtual.

Menurut data yang dihimpun, Ada 54 Penerimaan penghargaan Kategori Proklim Utama 2021. Khusus Provinsi Sulawesi Selatan, hanya diberikan kepada 6 kabupaten, yakni Jeneponto, Bulukumba, Soppeng, Wajo, Maros dan Bone.

Saat menghadiri acara secara Virtual di ruangan Karpet Biru Pemkab Maros pada Selasa 19 Oktober 2021, Andi Rosman mengatakan, dengan diterimanya Trophy Utama ini khususnya Dusun Rammang-rammang Desa Salenrang menjadi suatu hal yang baik.

Ia berharap Rammang-Rammang menjadi contoh bagi desa-desa dan dusun lain. Dengan ini Kabupaten Maros tahun depan bukan lagi menerima Trophy Utama namun sudah bisa naik kesatu tingkat menjadi kategori Lestari.

Sementara itu, Koordinator Komunitas Anak Sungai Rammang Rammang Iwan Dento mengatakan, Ini adalah motivasi sekali tanggung jawab moral terhadap komitmen kita menjaga keberlangsungan dan masa depan lingkungan. Menurutnya juga, ini menjadi tropy perdana terkait kampung iklim di Kabupaten Maros.

Ia berharap, Kedepan pihaknya lebih memperhatikan terkait isu lingkungan yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah.

Diketahui kegiatan ini berlangsung selama 16 hari ini menampilkan berbagai macam kegiatan, antara lain serangkaian webinar dan focus group discussion (FGD) dengan beragam topik menarik seputar upaya penanggulangan perubahan iklim, kegiatan NDC Bootcamp untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman jurnalis mengenai NDC, serta lomba-lomba daring bertema perubahan iklim yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat.

Adapun kategori tiap provinsi kota atau Kabupaten, desa dan dusun hanya mendapat dua kategori saja yaitu Kategori Utama dan Lestari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00