Target 9.000 Mahasiswa Baru,  UT Makassar Hadirkan Seluruh Pengurus Pokjar di Makasar

KBRN, Makassar : Universitas Terbuka ( UT ) Makassar  dibawa kepemimpinan  Drs Hasanuddin, M. Si telah bergerak cepat   melakukan berbagai langkah strategi untuk mendapatkan jumlah  mahasiswa baru melalui momentum penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Universitas Terbuka ( UT ) Makassar pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini telah menargetkan jumlah mahasiswa baru baik itu mahasiswa Pendas maupun non Pendas bisa mencapai 9.000 mahasiswa dari total yang ditargetkan 500 ribu mahasiswa untuk seluruh Indonesia.

Target ini bukanlah  sesuatu yang sulit untuk dicapai bila seluruh pengurus kelompok belajar ( pokjar ) yang ada di kabupaten, kota memiliki motivasi yang tinggi serta dapat mengikuti skema baru perekrutan calon mahasiswa baru  secara optimal.

Hal ini disampaikan Direktur Universtas Terbuka Makassar, Drs Hasanuddin, M. Si saat membuka Rapat Koordinasi Pengurus Pokjar UT Makassar, di Hotel Santika Makassar, Sabtu 21 Mei 2022.

Dikatakan Hasanuddin,  rapat koordinasi Pokjar UT Makassar yang digelar mulai pagi hingga sore hari,  selain untuk menjelaskan kebijakan baru atau skema baru  terkait perekrutan calon mahasiswa baru UT Makassar juga sekaligus sebagai momen silaturahim dengan sesama pengurus agar bisa saling mengenal satu sama lain, sehingga bisa terbangun rasa kekeluargaan sesama pengurus.

"Intinya dalam penerimaan mahasiswa baru pengurus Pokjar yang ada di daerah punya strategi khusus dalam memberikan pelayanan yang maksimal,  memberikan informasi yang tepat kepada target sasaran promosi baik itu disekolah-sekolah, lembaga profesi, instansi maupun lainnya dan juga memaksimalkan  penyebaran brosur kerjasama alumni maupun mahasiswa UT yang ada diwilayhnya, lalu sedapat mungkin bisa melibatkan diri secara institusi mauoun perorangan dalam kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat,"tandas Hasanuddin.

Dalam rapat Koordinasi Pokjar ada tiga narasumber, yakni Direktur UT Makassar, Drs Hasanuddin, M.Si menjelaskan tentang Kebijakan Umum Peningkatan Partisipasi Jumlah Mahasiswa.

Dua pemateri lainnya yakni Koordinator BBLBA, Kumala Dewi menjelaskan mengenai, Evaluasi dan Kebijakan Pelaksanaan Praktek/ Praktikum dan Bahan Ajar, serta Koordiantor Regjian, Pak Made membawakan materi Evaluasi dan Kebijakan Pelaksanaan Pegistrasi dan UAS.

Lebih lanjut Hasanuddin, berbicara rekruitmen dan layanan dari hasil survei mahasiswa yang kuliah di UT Makassar adalah 70 persen dari penyampaian mulut ke mulut. 

Disinilah katanya pentingnya peran dan strategi marketing dalam mengimplementasikan cita-cita UT yang memiliki mahasiswa tersebar luas di pelosok- pelosok tanah air. 

Dikatakan, selama ini Pokjar yang merupakan perwakilan UT di daerah telah bekerja dengan sungguh- sungguh dan melalui kesempatan ini Direktur UT Makassar Drs Hasanuddin menyampaikan apresiasinya dan rasa terimakasihnya atas kerjasamanya selama ini.

Optimisme dari target mahasiswa baru yang mau dicapai sangat kuat, disebutkan Hasanuddin pada  semester kurus saja bisamendapatkan mahasiswa baru sebanyak 1000-an orang dan pada semester gemuknya  naik menjadi 1.400-an, karenanya sangat berharap pada penerimaan mahasiswa baru ini bisa lebih gemuk lagi jumlah mahasiswanya.

Hasanuddin juga dihadapan pengurus Pokjar memperlihatkan data trend mahasiswa di UT mahasiswa Pendas mulai bergeser dari dominasi mahasiswa Pendas ke non Pendas.

Kejadian ini sudah terlihat dibeberapa  daerah seperti diantaranya di Bulukumba mahasiwa non Pendas sudah lebih tinggi dari  mahasiswa Pendas. 

Melihat fakta ini maka pengurus diharapkan lebih banyak lagi  melakukan sosialisasi atau berpromosi kepada anak-anak sekolah lanjutan SMA/SMK atau sederat serta pada instansi-instansi di wilayah Pokjar masing - masing. Dan tidal hanya itu, tapi juga bisa melibatkan diri untuk kegiatan-kegiatan sosial yang ada di wilayahnya masing- masing.***

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar