Direktur UT Makassar Sebut Salut  Adalah Pokjar Modern

KBRN, Makassar : Direktur UT Makassar, Drs Hasanuddin, M.Si meminta kepada pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) yang ada di daerah  tidak perlu merasa khawatir dengan keberadaan Sentra Layanan (Salut) di daerah.

Memang awal - awal dibentuknya Salut di kabupaten/ kota ada kekhawatiran sejumlah pengurus Pokjar di daerah bakal terjadi persaingan dalam merekrut calon mahasiswa baru.

Direktur UT Makassar, Drs Hasanuddin dalam rapat Koordinasi Pokjar di Hotel Santika, Sabtu 21 Mei 2022 mengatakan, kehadiran Salut tidak menyebabkan Pokjar menjadi tersingkir.

Keberadaan Pokjar masih sangat dibutuhkan di daerah mengingat UT masih memiliki keterbatasan jangkauan dalam memberikan layanan kepada mahasiswa sehingga keberadaan pengurus Pokjar masih sangat dibutuhkan.

" Salut itu adalah Pokjar Modern, karena memiliki fasilitas layanan yang ada dikabupaten/ kota strategis,  seperti kantor, staf dan tenaga IT. Sementara keberadaan pokjar UT membantu UT  memberikan layanan kepada kelompok mahasiswa dan dikoordinasikan oleh satu orang pengurus,"ujar Hasanuddin.

Dikatakan Hasanuddin, Pokjar ada dua, ada yang berbentuk Pokjar mandiri dan Pokjar UPBJJ - UT.  Kalau Pokjar mandiri dibentuk atas inisiatif mahasiswa secara mandiri dan diketuai oleh mahasiswa, seperti yang ada di luar negeri. Sementara Pokjar UT inilah yang sekarang ini bermitra dengan  UT Makassar membantu memberikan layanan kepada mahasiswa.

Direktur UT Makassar, Drs Hasanuddin, dalam rapat koordinasi Pokjar juga mendorong Pokjar yang sudah mapang bisa mengusulkan berubah menjadi Salut. Dikatakan sudah ada beberapa pengurus Pokjar di daerah ingin berubah menjadi Salut, seperti Pokjar Tanatoraja, dan ada  juga gabungan beberapa Pokjar di Selayar ingin menyatu membentuk Salut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar