UT dan Pemkab Bolaang Mongondow Selatan Jalin Kerjasama Pengembangan SDM

KBRN, Makassar : Universitas Terbuka (UT) kembali menjalin kerjasama dengan Pemkab Bolaang Mongondow Selatan. Naskah kerjasama itu ditandatangani pada Rabu  25 Mei 2022 secara luring di Wisma 2 UT, Tangerang Selatan.

Pada penandatanganan kerjasama itu Rektor UT, diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., PhD.

Sedangkan dari pihak Pemkab Bolaang Mongondow Selatan, ditandatangani oleh Bupati Iskandar Kamaru, S.Pt.

Adapun kesepakatan bersama kedua belah, pihak dibuat dalam penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Pengembangan Kelembagaan sebagai implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi Tri Dharma Perguruan Tinggi, diantaranya pada:  peningkatan kualitas sumber daya manusia;  penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar, lokakarya, workshop, dan sejenisnya; pengembangan kompetensi dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam jabatan (in-service training);.

Pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan penelitian dan pengembangan masyarakat;  pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa;  pemanfaatan bersama berbagai sumber daya; sharing data/open access penelitian atau perpustakaan; serta pada  pelaksanaan Program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

Rektor UT diwakili Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Pak Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., PhD, pada kesempatan itu mengapresiasi atas kepercayaan Pemkab Bolaang Mongondow Selatan kepada UT untuk menginisiasi stafnya berkuliah di UT. 

Beasiswa Tugas Belajar (TB) melalui APBN Pemkab Bolaang Mongondow Selatan pada S1 Program Studi Pendidikan Usia Dini (PAUD) akan diberikan kepada sebanyak 176 guru PAUD di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Bupati Bolaang Mongondow Selatan H. Iskandar Kamaru, S.Pt. menyampaikan rencana kerja sama dengan berkunjung ke UT sudah lama digagas, namun  baru terwujud karena konsisi pandemi. 

Ada dua hal  digagas. pertama, kerjasama peningkatan SDM untuk para audit, bimbingan teknis (bimtek), para guru Pendidikan anak usia dini (PAUD). 

“Dari 257 guru, baru 81 yang Sarjana S1, sisanya sejumlah 176 guru belum S1. Para guru ini akan mengalami kendala di depan yaitu tidak bisa mengajar bila tidak menjadi sarjana. Untuk itu sekitar 100 lebih guru tersebut akan kuliah di UT,” ujar  Iskandar Kamaru. 

Kedua, kerjasama peningkatan SDM untuk para aparatur, antara lain para Asisten Pemda dan para aparat desa yang perlu penyesuaian untuk peningkatan pendidikannya. 

'' Mantan bupati kami, Bolsel Herson Mayulu, S.I.P. yang anggota DPR RI dari Dapil Sulawesi Utara, adalah alumni UT. Dia menggagas agar masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan untuk kuliah di UT,” tandas Iskandar Kamalu.

 “UT termasuk peramal yang luar biasa, UT telah melakukan model pembelajaran online dari dulu, sehingga pembelajaran online sudah tidak asing lagi bagi UT saat pandemi kemarin dimana universitas-universitas lain baru memulai, UT seperti memahami tanda-tanda jaman,” tegasnta.

Bupati berharap kehadiran UT, baik pihak rektorat dan jajarannya berkunjung ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan memberikan sosialiasi dan edukasi tentang proses pembelajaran.

 “Target awal, untuk yang kuliah di Program Studi S1 PAUD, selanjutnya untuk yang kuliah S2 dan S3,” tegas Iskandar.***

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar