Jelang Pemberangkatan Jemaah Calon Haji, PPIH Embarkasi Makassar Gelar Apel Siaga

KBRN, Makassar : Jelang pemberangkatan kloter pertama Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Makassar, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar menggelar Apel Siaga di Aula Arafah Asrama Haji Makassar, Rabu (15/06/2022)

Gubernur Sulsel yang diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sulawesi Selatan Andi Aslam Patonangi bertindak selaku Inspektur Apel Siaga. 

Dalam amanat tertulis Gubernur yang dibacakannya,  Aslam Patonangi menyampaikan bahwa persiapan yang matang dari panitia akan sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan ibadah Haji tahun ini. 

"Seluruh komponen yang terkait dengan operasionalisasi haji saya harapkan berpartisipasi aktif, terutama dalam memperlancar dan membantu penyelesaian setiap urusan dan masalah yang dihadapi oleh para calon jamaah Haji," ucapnya. 

Lebih lanjut Aslam Patonangi mengatakan, tantangan dan hambatan pasti akan ditemui. Namun demikian, kata dia, semuanya bisa diatasi jika panitia saling berkoordinasi, bekerjasama dengan seluruh instansi terkait. 

Diakhir arahan Gubernur yang dibacakannya, Aslam Patonangi mengimbau kepada seluruh panitia untuk makukan penyempurnaan tata kelola dan jadikan kendala penyelenggaraan ibadah Haji tahun sebelumnya sebagai pembelajaran. 

"Hal-hal  yang telah baik dalam penyelenggaraan Haji selama ini kiranya dapat dipelihara dan terus ditingkatkan, sedangkan apa yang menjadi kelemahan, agar dibenahi, diperbaiki dan disempurnakan," pungkasnya. 

Seluruh unsur PPIH Embarkasi Makassar hadir pada apel siaga ini, yaitu Polda Sulsel, Imigrasi, KKP, Beacukai, Angkasa Pura, Maskapai GIA, UPT Asrama Haji Makassar, Katering dan Panitia Kanwil Kemenag Sulsel. 

Untuk diketahui,  berdasarkan jadwal pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Makassar yang dirilis oleh Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel, kloter pertama akan diterbangkan pada hari Jumat 17 Juni 2022 pukul 00.30 Wita dini hari, yang diisi oleh JCH asal Kota Makassar, Parepare dan Kabupaten Soppeng. 

Adapun total CJH yang akan diberangkatkan hingga kloter 19 melalui Embarkasi Makassar pada tanggal 2 Juli 2022 sebanyak 7247 orang, dimana 3320 diantaranya adalah JCH dan petugas asal Sulsel.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar