Seremoni Pelepasan Kloter 10 Embarkasi Makassar Banjir Pejabat 

KBRN, Makassar : 393 Jemaah Calon Haji (JCH) klotr 10 embarkasi Makassar resmi dilepas untuk kemudian diterbangkan ke bandar udara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi, Sabtu 25 Juni 2022 pukul 13.35 WITA. 

JCH asal Provinsi Maluku bersama jemaah asal Kab. Bulukumba, Enrekang dan Kota Makassar yang tergabung dalam kloter 10 ini dilepas secara resmi oleh Sekreraris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Makassar Ikbal Ismail di Aula Mina Asrama Haji Makassar. 

Tampak sejumlah pejabat teras dari Provinsi Maluku menghadiri langsung kegiatan pelepasan jemaah ini sebagai bukti tanda cinta dan kepedulian mereka kepada masyarakatnya yang menjadi dhuyufurrahman (tamu Allah) untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima. 

Para pejabat tersebut antara lain Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun, Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat, Brigjen TNI Andi Chandra As'adudin yang sebelumnya menjabat selaku Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sulawesi Tengah. Hadir pula 

Wakil Bupati Kep Aru Muin Zugarey,

Kakanwil Kemenag Prov Maluku H. Yamin, Anggota DPRD Prov Maluku, 

Kepala Biro Kesra Prov. Maluku, Sekda Kepulauan Aru dan sejumlah Kakan Kemenag kabupaten / kota se Prov. Maluku. 

Ikbal Ismail dalam arahannya sebelum melepas JCH kloter 10 ini megawalinya dengan menukil QS.Al-Baqarah Ayat 197. Al-Hajju ashhurum ma'-luumaat; faman farada fiiinnal hajja falaa rafasa wa laa fusuuqa wa laa jidaala fil Hajj; wa maa taf'aluu min khairiny ya'lamhul laah; wa tazawwaduu fa inna khairaz zaadit taqwaa; wattaquuni yaaa ulil albaab. 

"Musim haji itu pada bulan-bulan yang telah dimaklumkan. Bahwa barangsiapa mengerjakan ibadah haji dalam bulan-bulan itu, maka janganlah dia berkata jorok, berbuat maksiat dan bertengkar dalam melakukan ibadah haji", ucapnya menerjemahkan ayat yang ia kutip. 

Intinnya, lanjut Ikbal Ismail, JCH jangan coba-coba berbuat maksiat dan melanggar ketentuan-ketentuan Allah, serta melanggar imbauan pemerintah, baik pemerintah Arab Saudi maupun pemerintah Indonesia. "Ikuti perintah dan arahan ketua kloterta dan pembimbing hajita," tuturnya. 

Jangan sampai bertengkar, kata Ikbal Ismail, jangan bermusuhan.  "Kita adalah keluarga besar kloter 10. Untuk itu jaga kesatuan dan persetuan kelompok, regu, kloter bahkan sektornya nanti di tanah suci karena kita semua adalah satu, yaitu duta bangsa Indonesia", pungkasnya. 

Berikut manifes JCH kloter 10 embarkasi Makassar, JCH Kab. Bulukumba 185 orang, Kab. Enrekang 86 orang, JCH Kota Makassar 17, Prov. Maluku 101 orang didampingi Petugas 4 Orang. Jumlah Total 393 Orang, dengan komposisi jenis kelamin Laki-laki 130 orang dan Perempuan  263 orang. (AB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar