Perayaan Dharmasanti Waisak Se-Sulselbar Dipusatkan di Kab. Bone

KBRN, Bone : Ratusan umat budha dari beberapa Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan dan Barat melaksanakan sejumlah rangkaian ibadah di Vihara Dharma Palakka dalam memperingati Hari Dharmasanti Waisak atau Waisak Bersama 2566 Buddhist Era atau 2022 M, Minggu (26/6/22) pagi tadi.

Ratusan Umat Budha Dari Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat Gelar Ibadah Dharmasanti di Vihara Dharma Palakka Kab. Bone, Minggu (26/6/22).

Ketua Panitia perayaan Dharmasanti Waisak, Edy Siau mengatakan perayaan ini dilaksanakan secara bergiliran di beberapa Kabupaten/Kota di dua provinsi.

" Hari Dharmasanti Waisak ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami karena dapat digelar di Kab. Bone dan ini pertama kali," terangnya.

Dijelaskan, perayaan Waisak bersama ini baru kembali digelar secara tatap muka, dimana dua tahun sebelumnya perayaan ini hanya dapat dilaksanakan secara terbatas dan virtual mengingat masih dalam situasi puncak penyebaran virus COVID-19.

Edy menambahkan, selain rangkaian perayaan Dhamasanti, juga digelar peresmian Candi Dharma Palakka oleh Bhikkhu Buddha dari Sangha Theravada Indonesia.

" Selain itu, kami juga ada peresmian Candi Dharma Palakka. Ini mungkin hanya ada di Sulsel bahkan di Indonesia timur," ungkap Edy kepada awak media.

Menurutnya, Candi yang berdiri megah di lingkungan Vihara Dharma Palakka Bone ini, merupakan Candi yang pertama di kawasan Indonesia bagian timur sehingga keberadaan Candi Dharma ini juga menjadi bagian dari ikon keagamaan di Kabupaten Bone. (FJ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar