Peringati Kemerdekaan, 15 Personel SAR Pangkep Siaga di Puncak Bulusaraung

KBRN, Pangkep : 15 anggota Tim Search And Rescue (SAR) Pangkep yang dilibatkan dalam Tim Siaga Merah Putih 2022 mengamankan Puncak Gunung Bulusaraung, jelang puncak peringatan hari kemerdekaan RI ke 77.

Selain dari Tim SAR, pengamanan juga melibatkan puluhan personel dari beberapa instansi maupun organisasi terdiri dari Petugas Pustu Tompo Bulu, Koramil, Polsek Balocci, aparat Desa Tompo Bulu, Tim Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, KPE Dentong, dan Pecinta Alam Pangkep.

Pembina SAR Pangkep, Ahmad Mustanir mengungkapkan, pihaknya tiap tahun melibatkan personelnya untuk bertugas dan berpartisipasi dalam pengamanan di Puncak Gunung Bulusaraung menjelang Puncak peringatan HUT RI.

“SAR Pangkep ini memang setiap tahunnya selalu mengutus tim untuk berpartisipasi aktif menjadi bagian potensi SAR untuk mengamankan gunung Bulusaraung yang selalu ramai pada detik-detik peringatan proklamasi,” ungkapnya, Senin (15/8/2022)

Memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia kata Ahmad, Gunung Bulusaraung selalu ramai pengunjung dari para pendaki yang ingin menyelenggarakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di puncaknya.

“Membludaknya para pecinta alam di gunung Bulusaraung ternyata membawa resiko tersendiri, karena jumlahnya yang terbilang ribuan orang setiap tahunnya, maka  perlu diantisipasi dengan kehadiran tim SAR agar setiap kejadian sekecil apapun bisa ditanggulangi cepat,” ungkapnya.

Pada perayaan kemerdekaan kali ini pihaknya berharap  Zero Accident di puncak Bulusaraung."Semoga tahun ini tidak ada kejadian  saat mendaki gunung di Bulusaraung, kami berupaya memberikan pemahaman dan informasi kepada pendaki terkait rute jalur, titik Pos SAR dan yang lainnya sebelum melakukan pendakian,” tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar