Semarakkan HUT RI ke 77, GMBI Distrik Maros Gelar Donor Darah Sukarela

KBRN, Maros : Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Maros Wilter Sulsel menggelar aksi kemanusiaan Donor Darah Sukarela (DDS) di Sekretariat LSM GMBI Distrik Maros, Rabu (17/08/2022).

Kegiatan aksi kemanusiaan tersebut merupakan bagian rangkaian dari semarak peringatan HUT Republik Indonesia ke-77.

M.Jufri dg Patompo Ketua LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kabupaten Maros Wilayah Teritorial Sulawesi Selatan menuturkan latar belakang kegiatan DDS tidak lain untuk mereview kembali kenangan masa perjuangan para leluhur yang mempertaruhkan darah,  nyawa serta harta bendanya untuk demi kemerdekaan.

"Dasar itulah yang mendorong saya sebagai Ketua Distrik di LSM GMBI di Maros ini menginisiasi masyarakat untuk menyumbangkan setetes darah mereka guna membantu orang banyak khususnya di Kabupaten Maros ini" jelas M.Jufri dg Patompo.

Selain itu, faktor pandemi Covid-19 yang menerjang seluruh penjuru Nusantara, menyebabkan Bank Darah mengalami penurunan frekwensi dalam pengumpulan stock darah.

"Dan kegiatan DDS yang kami lakukan di GMBI Distrik Maros ini sebagai wujud bela negara sehingga keberadaan kami bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah" urainya.

Ia menguraikan LSM GMBI mengusung motto Mengkader Anak Bangsa yang Bermoral.

"Dan kalau kita berbicara moral berarti kita sudah punya etika dan estetika sopan santun untuk berhadapan dengan siapapun yang baik stakeholder forkopimda maupun masyarakat bawah. Ditambah lagi, visi misi kami yakni mengangkat harkat dan martabat masyarakat bawah serta  memperingatkan masyarakat atas dan para pejabat yang memberikan kebijakan yang kurang menguntungkan kepada masyarakat bawah" tegasnya

"Dan kami hadir untuk menyadarkan pejabat, penguasa ataupun pemerintah yang selalu mengambil kebijakan yang keliru yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat" tambahnya.

Dengan lantang M.Jufri mengatakan kami merupakan salah satu LSM yang memegang adab dan adat yang namanya satu komando. 

"Jadi setiap ada program yang bermanfaat bagi masyarakat, kenapa kita tidak kita lakukan di daerah kami ini di Kabupaten Maros", tuturnya.

Ketua LSM GMBI Distrik Kabupaten Maros Wilayah Teritorial Sulawesi Selatan selalu mengimbau serta memberikan motivasi dan tatacara bagaimana loyalitas dan semangat dalam membangun komunikasi dengan masyarakat baik dengan masyarakat atas, forkopimda, serta stakeholder ataupun dengan diluar dari kabupaten maros.

"Kami ini, membangun suatu kekeluargaan dan komunitas dengan saling menghargai dengan mengedepankan budaya kami di Bugis Makassar yakni Sipakatau, Sipakainge dan Sipakalebbi itu yang harus ditonjolkan. Dan hal tersebut sesuai dengan motto Tidak Sedarah Tapi Bersaudara" pungkasnya.

Kegiatan DDS yang berlangsung di tengah kemeriahan HUT RI ke-77 ini,  puluhan kantong berhasil terkumpul baik dari anggota GMBI sendiri maupun  masyarakat serta para pejabat Pemkab Maros.

Sebelum Kegiatan DDS LSM GMBI Distrik Maros Wilter Sulsel juga menggelar Upacara Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-77 RI di Maros bertempat dihalaman Upacara Sekretariat LSM GMBI Distrik Maros.

Selaku Inspektur Upacara, Muhammad Jufri menyampaikan amanat kepada semua anggota, agar selalu menjaga dan merawat apa yang sudah diperjuangkan oleh para Pahlawan Pendahulu kita dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar