Kepsek SMA di Pulau Terluar Pangkep Sebut Merdeka Itu Saat Terbebas Dari Ketertinggalan Sarana dan Prasarana Pendidikan

KBRN Makassar: Momentum Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun 2022 berlaku oleh seluruh lapisan masyarakat, tak bagi tenaga pendidik yang mengabdi di daerah 3T terdepan dan tertinggal.Syamsul Ardi salah satunya.

Syamsul merupakan Kepala Sekolah di SMA Negeri 18 Sailus. Sailus merupakan pulau terluar. Pulau Sailus Besar sekitar 500 km dari kota Makassar ke arah Barat Laut. Pulau ini letaknya lebih dekat ke Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan perkiraan sekitar 90 km. Perjalanan yang dilakukan dengan menggunakan kapal nelayan berukuran kecil (lebar 1,5 meter dengan panjang 5 meter) dari Sumbawa atau Lombok hanya membutuhkan waktu sekitar 10 jam jika laut dan ombak sedang bersahabat, namun dapat memakan waktu hingga 16 jam terombang-ambing di laut kondisi ombak terlalu tinggi dan angin kencang. 

Sedangkan  dari Makassar atau Pangkep, bisa ditempuh tiga hari tiga malam dengan menumpang kapal berukuran sedang seperti Perintis, dengan panjang 20 meter dan lebar 5 meter. 

Di hari kemerdekaan ini, Syamsul Ardi yang telah mengabdi selama lebih 10 tahun di pulau tersebut memaknai kemerdekaan dengan merdeka dan bebas dari segala ketertinggalan

"Ketertinggalan di sektor sarana dan prasarana pendidikan di daerah tertinggal, ia berharap di usia ke 77, pemerintah memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pendidikan di daerah pulau terluar demi kemajuan generasi bangsa di daerah tertinggal.

 Adapun tema HUT RI ke-77 adalah Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Tema ini diambil dengan agar Indonesia dapat bangkit dari peristiwa yang telah terjadi selama dua tahun, yakni pandemi COVID-19.Mengutip situs LLDIKTI Kemdikbud, tema Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 pada tahun ini mencerminkan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar-dasar negara juga menjadi penuntun bersama untuk pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat demi kemajuan Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar