Gelar RDPU Kelangkaan Solar, Kapolres : Laporkan Ada Oknum Yang Bermain

KBRN, Bone : Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan Asosiasi Nelayan Purse Seine (ANPS) Bone, keluhkan sulitnya memperoleh solar bersubsidi di sejumlah SPBU.

Pembina ANPS, Budiman menjelaskan sulitnya subsidi BBM solar ini karena adanya para oknum yang bermain.

"Kami sampaikan di forum ini bahwa akibat kelangkaan atau sulitnya nelayan memperoleh BBM jenis subsidi solar akibat lemahnya sehingga dapat dimanfaatkan oleh beberapa orang tertentu," ungkap Budiman pada pertemuan RDPU di DPRD Bone, Jumat (19/8/22).

Budiman meminta regulasi penerbitan surat rekomendasi pembelian solar bersubsidi dapat diperketat baik secara administrasi maupun operasional di lapangan.

"Saya minta kepada OPD terkait agar ketat dalam pemberian surat rekomendasi. Selain itu, perlu juga dibentuk tim pengawas di lapangan agar tidak ada lagi oknum yang menyalahgunakan," tegasnya.

Sementara, Kapolres Bone AKBP Ardiansyah menegaskan bahwa pihak kepolisian menawarkan pelaku atau oknum yang menyalahgunakan BBM bersubsidi.

"Saya minta laporkan kepada kami jika menemukan atau melihat ada oknum siapa pun baik itu Polisi maupun aparat lainnya yang menyalahgunakan BBM bersubsidi. Kami akan tindaki para oknum tersebut," tegasnya.

Kapolres juga mengingatkan para operator SPBU agar tidak melakukan tindakan diluar aturan hukum.

"Hal terpenting lainnya yaitu, operator SPBU jangan bermain. Jangan sampai ada kata kesepakatan, dimana beli 10 liter jadinya 100 liter," kata Kapolres.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi 2 DPRD Bone, A. Muh. Idris bahwa penyebaran Bahan Bakar Minyak kuota bone dapat dikawal atau kendalikan.

"Jatah BBM untuk Bone tahun ini cukup besar. Agar BBM ini terhindar dari keluguan, tidak diperlukan bersama termasuk pengendalian pembelian," jelasnya. (FJ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar