Barang Koleksi Museum Hilang, Bupati Bone : Diselesaikan Secara Kekeluargaan

KBRN, Bone : Ratusan barang koleksi peninggalan sejarah dan purbakala di Museum Lapawawoi di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan terindetifikasi hilang ditempat penyimpanan baik di kamar maupun lemari penyimpanan khusus, Senin (17/01/22).

Kepala Dinas Kebudayaan Bone, Anshar Awal mengatakan atas kejadian ini, pihaknya telah melaporkan peristiwa tersebut ke pihak Kepolisian untuk menyelidikan kasus pencurian barang koleksi peninggalan sejarah dan pengrusakan aset bangunan.

“ 90 persen barang dalam Museum habis diambil mereka (pelaku), jadi kami mengatakan ini terjadi pencurian dan pengrusakan,” ungkap Kadis Kebudayaan Ansar Amal kepada awak media, Senin (17/01/21).

Diungkapkan, pihak Kepolisian telah mengantongi identitas pelaku pencurian tersebut berdasarkan informasi yang diterima dari sejumlah saksi mata.

“ Kalau pelaku mengatakan barang koleksi miliknya atau mengklaim, buktikan kepemilikannya karena semua yang ada di dalam merupakan aset pemerintah daerah,” tegasnya.

“ Pemeritah sudah cukup toleransi kepada pelaku tinggal di museum bertahun-tahun. Kami sesalkan tindakan pelaku yang mengambil barang tanpa pemberitahuan kepada pemerintah daerah selaku pemilik aset,” tambahnya.

Kondisi Lemari Penyimpanan Barang Koleksi Sejarah dan Purbakala di Museum Lapawawoi Bone Yang Kosong Diduga Hilang Dicuri, Senin (17/01/22)

Menanggapi aksi pencurian dan pengrusakan tersebut. Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi mengatakan bahwa pemerintah akan menyelesaikan persoalan ini secara kekeluargaan.

“ Mudah-mudahan bisa diselesaikan secara ke-keluargaan, kalau tidak bisa apa boleh buat,” tegasnya.

Menurut dia, seluruh barang koleksi Museum Lapowawoi tersebut merupakan milik pemerintah daerah.

“ Boleh dikata barang-barang yang ada di Museum milik pemerintah tapi karean dia selama ini mengusai, seolah-olah menganggap mungkin itu miliknya apalagi orang tuanya sudah tidak ada,” terang A. Fahsar M Padjalangi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar