Zara Rutherford, Pilot Wanita Termuda Yang Kelilingi Dunia

KBRN, Medan : Bagi seseorang berusia 19 tahun, waktu luang biasanya digunakan berlibur, mengerjakan hobi, mengambil kerja paruh waktu, atau movie marathon. Namun, beda dengan Zara Rutherford. Pilot perempuan ini memutuskan untuk keliling dunia seorang diri. 

Rutherford diketahui memang gemar dengan pesawat terbang. Ia menerbangkan pesawat pertamanya di usia 18 tahun.

"Saya sudah lama ingin melakukannya, tetapi baru memutuskan untuk melakukannya pada Mei 2021!" katanya. Dilansir dari beautynesia.id, Kamis (27/1/22).

Zara Rutherford lahir 5 Juli 2002, adalah seorang pilot Belgia-Inggris yang menjadi pilot perempuan termuda yang melakukan penerbangan tunggal mengelilingi dunia. Perjalanan lima bulannya dimulai di Kortrujk, Belgia, pada 18 Agustus 2021, dan berakhir pada 20 Januari 2022.

Perempuan berambut panjang itu ternyata telah akrab dengan dunia aviasi sejak kecil. Ayah dan ibunya merupakan seorang pilot. Ia pun mulai belajar menerbangkan pesawat sejak berusia 14 tahun. Namun, dirinya baru mendapat pendidikan formal penerbangan dan memiliki lisensi pada 2020. 

Hingga saat ini, pilot perempuan itu telah mengantongi 80 jam penerbangan dan ratusan jam lainnya yang tak tercatat. Ia juga beberapa kali membantu orangtuanya menerbangkan pesawat termasuk rute jauh, yakni dari Amerika Serikat ke Yordania.

"Aku telah melewati beberapa rute, jadi aku tahu apa yang harus aku hadapi," ujar Zara.

Remaja itu membutuhkan persiapan terfokus selama tiga bulan penuh untuk mencapai tonggak sejarah ini.

Dengan rekornya tersebut, Rutherford berhasil mengimbangi rekor orang termuda pria yang berhasil terbang solo keliling dunia, yaitu Travis Ludlow. Ludlow diketahui berhasil memecahkan rekor terbang keliling dunia secara solo di usia 18 tahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar