Momen HUT Medan ke 432, Walikota Tidak Larang Gelar Konser dan Hiburan Rakyat

KBRN, Medan: Kegiatan Colorful Medan Carnival 2022 menjadi puncak peringatan Hari jadi kota Medan ke 432, yang berlangsung di kawasan kota lama Kesawan, pada Jumat (1/6/2022). Kegiatan Colorful Medan Carnival dirangkai dalam bentuk pawai budaya dan busana carnival serta hiburan rakyat yang dipusatkan di kawasan Lapangan Merdeka.

Kegiatan diawali dengan pawai budaya dan busana carnaval yang diikuti berbagai peserta. Mulai dari persembahan tarian etnis, fashion karnaval, tarian Sigale – Gale, serta tari Reog. Kemudian juga dimeriahkan Fashion Karnaval, serta pawai budaya yang diikuti oleh 11 kontingen dari anggota Apeksi, kabupapten, serta 21 kontingen dari Kecamatan se Kota Medan.

Walikota Medan Bobby Nasution mengatakan, puncak peringatan HUT kota Medan tahun ini dirangkai dengan persembahan tarian dan pawai dari berbagai etnis baik yang ada di Sumut dan luar provinsi. Bobby menilai, pelaksanaan ini sekaligus sebagai awal dibukanya kembali kegiatan masyarakat dalam bentuk hiburan maupun konser, yang selama ini ditiadakan akibat pandemic Covid -19.

“Untuk seluruh masyarakat kota Medan, nanti ada hiburan bagi masyarakat kota Medan. Untuk generasi muda kreatif yang selama ini masih bertanya – tanya datang ke sana. Sudah bolehkan Medan melaksanakan konser dan kreatif lainnya, silahkan karena hari pemko Medan sudah buka. Kita tunggu talent – talent dari kota Medan,” kata Bobby didampingi sang istri Kahiyang Ayu.

Dikatakan Bobby, pertunjukan beragam etnis dan seni budaya dari berbagai daerah juga sebagai simbol penguatan kolaborasi menuju visi dan misi pemko Medan menuju kota yang Berkah. Bobby juga mengucap terima kasih atas partisipasi kepala daerah dari berbagai daerah, terutama meriahkan hari jadi kota Medan pada tahun ini.

 “Kita maknai dirgahayu Kota Medan pada tahun ini dengan makna kolaborasi. Makanya saya terima kasih kepada teman – teman sejawat, walikota, anggota APEKSI Komwil I. Serta seluruh bupati dan walikota se Sumut yang memeriahkan. Ini mudah – mudahan menuju Kota Medan yang berkolaborasi menuju keberkahan,” ujarnya.

Secara khusus, dalam kurun dua tahun memimpin kota Medan selama ini Bobby juga menyadari masih banyak keluhan dari warganya, baik terkait masalah sosial, ekonomi, hingga yang menyangkut kesejahteraan rakyat. “Ini ada 15 dari anggota Komwil, seperti Pekanbaru, Padang, dan dari Sumatera Utara serta Kota Binjai. Harapannya kepada seluruh warga Medan kita akan benahi seluruh keluhan selama ini. Mohon doa dan dukungan kami untuk menjalankan program demi kesejahteraan,” kata Bobby.

“Kepada seluruh Kabupaten dan kota yang turut serta membantu pemko Medan baik kegiatan maupun selama menjalankan pemerintahan, saya ucapkan terima kasih. Mudah – mudahan kerja kita semua untuk masyarakat masing – masing diberikan balasan kebaikan di dunia dan akhirat,” tambahnya.

Sementara seorang warga Kecamatan Medan Labuhan, Zulfikar mengaku di usianya yang ke 432, pembangunan kota Medan terutama untuk infrastruktur sudah semakin meningkat. Pria yang sehari – hari sebagai guru di sekolah swasata ini berharap, di bawah kepemimpinan Bobby Nasution sector pendidikan dalam menuju merdeka belajar benar – benar didukung oleh pemerintah kota.

“Kinerja pak Bobby sangat bagus, karena pembangunan sedemikian lancar sehingga kota Medan semaikin berkembang. Kalau pendidikan sangat aluar biasa, apalgi ktia sudah memasuki kurikulum merdeka. Jadi, kita benar – benar mempersiapkan apapun itu untuk pendidikan,” kata Zulfikar.

Pada acara pawai budaya dan busana Carnaval, Bobby Nasution tampak mengenakan pakaian adat batak Toba dengan memakai bulang. Sedangkan sang istri kahiyang Ayu juga mengenakan pakaian hoba – hoba haean dengan berbalut selendang ulos di bagian kepala. Mereka juga tampak menggendong kedua anaknya yakni Sedah Mirah Nasution dan Al Nalyan Nasution.

Pada malam hari, puncak HUT Kota Medan ke – 432 akan diisi dengan hiburan rakyat yang menampilkan sejumlah artis ibukota, seperti judika, Tipe X, Budi Doremi, hingga Ihsan Tarore, dan Alvin Habib. Sepanjang acara karnaval dan hiburan rakyat, sejumlah jalan alteri juga ditutup hingga tengah malam. Mulai dari jalan yang mengarah Jalan Ahmad Yani, Jalan Balai Kota, Raden Saleh, serta Jalan Maulana Lubis.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar