Mirip Serial ‘Black Mirror’, Elon Musk Siap Tanamkan Chip ke Otak Manusia

Elon Musk siap tanamkan chip ke otak manusia (twitter Pop Crave)

KBRN, Medan : Startup milik Elon Musk, Neuralink, saat ini tengah melakukan uji coba penanaman chip ke otak manusia. Mungkin beberapa kalian ada yang ingat salah satu episode serial sci-fi Black Mirror, di mana orang bisa nge-replay memori yang ada di otaknya.

Kabar ini muncul setelah Neuralink membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Clinical Trial Director, minggu-minggu ini, melansir USA Today, Kamis (27/1/2022).

Tujuan utama mereka adalah untuk membuat sesuatu yang bernama brain computer interface. Dengan teknologi itu, orang bisa menghubungkan informasi antara otak dengan komputer.

Dengan teknologi itu, orang bisa merekam memori dan menonton ulang kapanpun mereka mau. Selain perekaman, mereka juga bisa mengedit, menyensor atau menghapus memori yang ada dalam rekaman. Kemudian, perusahaan Elon Musk ini juga berhasil melatih seekor monyet untuk main game pada April 2021 lalu.

Selain itu, alat ini juga bisa di-download ke tubuh baru (termasuk robot), seperti episode Be Right Back (2013).

Sebelumnya, Neuralink sudah memamerkan kebolehan chip otak ini dengan seekor babi di tahun 2020.

“Benar saja, chip ini bisa mendeteksi aktivitas babi saat menyentuh benda, dan lainnya,”ungkap Elon Musk.

Kemudian, perusahaan Elon Musk ini juga berhasil melatih seekor monyet untuk main game pada April 2021 lalu. Dan hasilnya seekor monyet main game ping-pong pakai pikirannya sendiri.

Makin terwujudnya teknologi ini, makin banyak orang yang merasa ketakutan. Pasalnya, kemajuan teknologi selalu berjalan seiringan dengan risikonya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar