Tesla Dipastikan akan Bangun Pabrik di Jawa Tengah

Logo Tesla (REUTERS/Hannah McKay)

KBRN, Medan : Perusahaan mobil listrik populer dunia Tesla akan membangun pabrik di Batang, Jawa Tengah. Hal tersebut pun telah dikonfirmasi oleh Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.

“Batang akan jadi pusat kawasan industri terbaik di Indonesia. Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar, seperti LG, Foxconn, Tesla pun Insya Allah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain,” tuturnya di Hotel Alila, Solo, Jumat (20/05/2022) pada acara Road to G20: Investment Forum dikutip dari Detik. 

Adapun Bahil menceritakan ia berbagi tugas dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. Bahil mulai melobi Foxconn, sedangkan Luhut bertugas mengajak Tesla untuk membuka pabrik di Indonesia. Campur tangan Presiden Indonesia, Joko (Jokowi) Widodo juga dinilai membantu untuk mengajak perusahaan milik Elon Musk tersebut datang ke Indonesia.

“Berkat tangan dingin dan intuisi presiden, Tesla masuk ke Indonesia,” tambahnya.

Adapun kerja sama dengan Tesla akan terbagi dalam dua bidang, yakni baterai dan mobil listrik. Namun, belum ada keterangan lebih lanjut terkait nilai investasi, kapan investasi tersebut dimulai, dan bentuk kerja sama secara lebih rinci.

Sebelumnya, Jokowi diketahui sempat bertemu dengan CEO Tesla, Elon Musk, di Amerika Serikat. Pertemuan tersebut dihelat secara langsung di kantor SpaceX, Texas, Amerika Serikat. Salah satu bahasan pertemuan tersebut memang terkait inovasi dan berbagai proyek kerja sama yang dapat dilakukan.

“Merupakan suatu kehormatan untuk bertemu di Starbase,” tulis Elon Musk ketika membalas cuitan Jokowi di media sosial Twitter. 

“Dan mendiskusikan proyek masa depan yang menarik!” sambungnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar