Antisipasi Omicron, Dinas Kesehatan Medan Siapkan Isoter

KBRN, Medan : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan menyiapkan tempat isolasi terpusat (isoter) sebagai langkah antisipasi terhadap Covid-19 varian Omicron, yang jumlahnya terus meningkat di Indonesia. 

Isoter yang disiapkan tersebut pernah digunakan saat kasus Covid-19 di Kota Medan meningkat, yakni ex Hotel Soechi  Jalan Cirebon dan Gedung P4TK. Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Taufik Ririansyah mengatakan, kedua isoter siap difungsikan bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Kedua isoter sudah kita siagakan. Jangan sampai 1x24 jam pasien yang positif Covid-19 tidak diisolasi, nanti malah akan semakin banyak yang harus ditracing," katanya di Medan, Minggu (16/1/2022).

Taufik menuturkan, Dinkes Medan ingin meminimalisir penyebaran dengan melakukan tracing secara cepat. Untuk itu ia menjelaskan, Dinkes segera merespon ada ditemukan dugaan kasus.

"Meskipun belum dipastikan Omicron, langsung kita periksa begitu mengetahui ada warga positif Covid-19. Kemudian kita periksa juga siapa yang kontak erat dengan yang bersangkutan, kita tidak ingin kecolongan," ujarnya. 

Selain itu, tambah Taufik, selama menunggu hasil pemeriksaan keluar, pihaknya akan melakukan pengetatan dengan mengisolasi pasien dan kontak eratnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar