Tingkatkan Kinerja dan Efisiensi Layanan Publik, Pemprov Sumut Lakukan Digitalisasi Berbagai Lini

KBRN, Medan : Digitalisasi menjadi keharusan dalam upaya peningkatan kinerja, serta efisiensi dan efektivitas layanan publik. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan terus melakukan digitalisasi di berbagai lini.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Afifi Lubis mengatakan, baru-baru ini Pemprov Sumut telah melakukan digitalisasi untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat e-Samsat Sumut Bermartabat. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa membayar pajak kendaraan dari mana saja, bahkan mini market. Masyarakat pun semakin banyak yang membayar pajak karena kemudahan dalam pembayaran. 

“Banyak birokrasi yang akhirnya terpangkas lewat proses digitalisasi. Alhamdulillah terjadi peningkatan," kata Afifi pada Capacity Building Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) wilayah Sumut di  Medan, Selasa (17/5/2022). 

Dikatakan Afifi, digitalisasi juga menuntut perubahan. Karena itu, para aparatur sipil negara (ASN) dituntut mengikuti perubahan tersebut, demi tujuan transparansi hingga peningkatan kinerja. 

“Berubah itu berat, tapi akan lebih berat lagi kalau tidak berubah, maka digitalisasi ini perlu kita dukung,” ujar Afifi. 

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut Doddy Zulverdy menyampaikan, hingga kini di Sumut baru ada 19 pemerintah daerah (Pemda) yang berkategori digital. Ia mengharapkan ke depan semakin banyak Pemda di Sumut yang masuk ke dalam kategori digital tersebut.

Menurut Doddy, digitalisasi perlu dilakukan Pemda untuk berbagai hal yang besar. Mulai dari peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga efisiensi belanja dapat tercapai. 

“Karena itu kami dari Bank Indonesia mendorong elektronifikasi Pemda. Namun kita tak hanya berhenti pada pencapaian status kategori tersebut, itu hanya sebuah cara, yang terpenting elektronifikasi atau digitalisasi benar-benar dijalankan,” kata Doddy.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar