Dinas Perindustrian Kota Medan Jalin Pemuda Medan Marelan Dalam Pelatihan Basic Barista

KBRM Medan : Sebanyak 15 orang pemuda/di Kec. Medan Deli dan Medan Marelan turut serta menjadi bagian dalam program pelatihan basic barista kerjasama dinas perindustrian kota Medan dengan komunitas penggiat Kopi yang tergabung dalam Home Brewer Indische (HBI).

Kegiatan di motori oleh Andri Septian akrab di sapa Aboel owner Coffee Shop Coffee Emperan Aboel, Muhammad Arief Kurniawan (Amang) dan Muhammad Arifin Alfarisy (Doyok), dan Rio Hapsori Siregar (Ondong) owner Di Rumah Ibu Roastery.

Kegiatan Pelatihan Basic Barista yang sudah berjalan selama 5 hari mulai dari tanggal 8 s.d 12 Agustus 2022, mendapat antusias positif dr peserta, Rio selaku penyusun materi, memaparkan beberapa agenda pelatihan diantaranya Fun Cupping dipandu oleh Susi Rahwani Oktari (Kak Uci) Praktisi Kopi Senior Kota Medan, Panduan Pengantar Penggunaan Mesin Esspreso oleh Joko Kurniawan (Bg Jek) Barista dan Pengurus Conflict Coffee dan Manual Brew metode V60 oleh Probo Sulistiyo (Hobbit) Barista dan Pengurus Conflict Coffee.

Kegiatan ini selenggarakan di kediaman salah satu tokoh Pemuda di wilayah Medan Deli dan Sekitarnya Bp. Dr. Faisal Arbi, Jl. Yos Sudarso link. V Kel. Titipapan.

Acara yang di dibuka sekaligus ceremony penutupan pada Jumat 12/8  dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian Kota Medan Bpk. DR. Parlindungan Nasution, S.Sos, M.AP. Beliau menyampaikan "Peserta nantinya diharapkan bisa menjadi pengusaha yang berhasil dan sukses dan jangan pernah jenuh serta terus berusaha.

 

Dengan semakin merebak dan berjamurnya warung kopi, pelatihan ini dapat menjadi peluang tuk lapangan pekerjaan baik pelaku usaha maupun pekerja di bidang usaha coffeeshop, Kata Kadis Parlindungan.

Dalam penutupan acara juga Camat Medan Deli Bpk. Fery Suheri S.Sos. mengemukakan bahwasanya kegiatan ini "bisa menjadi agenda yg tetap dilaksanakan secara continue dikarenakan besar manfaatnya, dan harapannya semua tidak terlepas dari niat usaha dan kemauan".

Dikarenakan keterbatasan anggaran pemerintah, peserta harus bisa mandiri, tambah Fery.

Selama sesi pelatihan tidak hanya difokuskan terhadap tehnik seduhan saja namun dibuka juga forum diskusi terkait pengelolaan usaha warung kopi sederhana, dan kedepannya peserta tetap dijaline jadi wadah diskusi komunikasi seputar usaha kopi, ungkap Probo Sulistiyo pada sambutannya mewakili Instruktur dan Peserta Pelatihan. Dan besar  harapannya agar kedepannya peserta bisa jadi binaan dan dikawal dalam menjalani usahanya secara mandiri.

Turut hadir saat pembukaan dan penutupan acara Kadis Perindustrian Kota Medan, Camat Medan Deli, Lurah Titipapan, Lurah Mabar,  Serta Staf kedinasan perindustrian Kota Medan dan Staf Kecamatan Medan Deli.

Di sesi akhir Acara Penutupan Kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan di kantor Lurah Mabar dilakukan penyerahan sertifikat peserta pelatihan secara simbolik kepada dua orang peserta pelatihan Basic Barista dan foto bersama.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar