Harga Komoditas Pangan di Kota Medan Cukup Stabil

ilustrasi pasar tradisional.jpg

KBRN, Medan: Perkembangan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional pada akhir pekan di Kota Medan mengalami sedikit lompatan khususnya pada komoditas cabai merah. Harga hari ini berada pada kisaran 65 hingga 68 ribu rupiah perkilogramnya dibandingkan hari Jumat (12/8'2022) yang berada pada kisaran 55 hingga 65 ribu rupiah perkilogram. 

Sementara harga cabai rawit berada pada kisaran harga 40 hingga 50 ribu rupiah perkilogramnya.

Fluktuasi harga tersebut menurut Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin, saat dihubungi RRI Minggu (14/8/2022), disebabkan faktor cuaca dan libur akhir pekan.

“Kenaikan harga komoditas cabai itu sendiri sebenarnya lebih dipengaruhi oleh faktor cuaca yang kurang begitu baik di sejumlah daerah produsen cabai seperti di wilayah Kabupaten Karo yang pada siang harinya diguyur hujan. Jadi artinya, di saat hujan itu datang petani menunda untuk turun ke ladang sehingga pasokan untuk cabai itu mengalami penurunan. Kalau dilihat dari sisi lainnya, di akhir pekan biasanya masyarakat banyak menghabiskan waktu untuk liburan atau mungkin di hari minggunya untuk beribadah, kondisi seperti ini juga kerap menjadi pemicu ketidakseimbangan pasar dan hal ini umum terjadi,” ungkapnya.

Menurut Gunawan, masyarakat tidak perlu merasa khawatir karena harga kebutuhan pangan berpotensi akan kembali normal di hari kerja.

Sementara itu, harga bawang merah masih stabil pada kisaran harga 30 hingga 40 ribu rupiah perkilogram. Bawang putih berada pada kisaran harga 20 hingga 22 ribu rupiah perkilogram. Harga komoditi minyak goreng curah dikatakan Gunawan juga masih stabil.

“Selanjutnya untuk harga yang lain seperti minyak goreng curah stabil di kisaran angka 11 ribu lima ratus hingga 12 ribu rupiah perkilogram di Kota medan,” jelas Gunawan.

Gunawan menjelaskan meskipun masyarakat sempat resah dengan kenaikan harga mie instan yang dipicu dengan kenaikan harga gandum namun dirinya menilai harga kebutuhan pokok dalam sepekan ke depan tidak berpotensi mengalami kenaikan harga yang signifikan.

Masih menurut Gunawan, dalam jangka pendek harga cabai merah dan cabai rawit masih akan terus berfluktuasi dengan kecenderungan menurun pada pekan depan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar