Bahayakan Kesehatan, Tren Makanan di TikTok Jangan Ditiru

iStock/TikTok

KBRN, Medan : Media sosial TikTok memang selalu memunculkan tren baru bagi para penggunanya, yang membuat orang lain tertarik untuk mencobanya. Salah satunya ialah tren makanan yang ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Seperti pantauan rri.co.id, Minggu (16/1/2022), beredar tren makanan yang membuat seleb TikTok memakan makanan yang bernutrisi tinggi tanpa memahami dampak yang terjadi bagi kesehatan.

Dikutip dari Detikfood, ada beberapa makanan di TikTok dinilai berbahaya bagi kesehatan oleh beberapa pakar dikarenakan nutrisinya. Karenanya, jangan mudah ikut-ikutan sebelum tau dampaknya.

  1. Sereal Alami

Pada tahun 2020 lalu sekitar bulan Maret, heboh di TikTok tren makan sereal alami atau Nature’s Cereal. Menurut para ahli, tren ini sebaiknya dihindari karena sereal alami ini tidak boleh menjadi pengganti sarapan.

  1. Jelly Madu

Tren makan jelly madu pertama kali diramaikan oleh pengguna TikTok bernama Davey. Tren ini dinilai berbahaya oleh ahli gizi, karena tingginya kandungan gula terkosentrasi dalam satu kemasan madu beku dan menyebabkan gula darah meningkat.

  1. Makan Timun Dicampur Gula

Tren yang tidak kalah heboh adalah tren makan minum dicampur gula. Campuran antara timun dan gula diklaim memiliki rasa yang serupa dengan buah semangka. Ahli gizi menilai perpaduan buah dan karbohidrat pada gula adalah hal yang buruk.

  1. Kopi Lemon

Banyak dari seleb TikTok yang menambahkan air lemon ke dalam secangkir kopi mereka dan mengklaim campuran itu bisa menurunkan berat badan dengan cara membakar kalori. Menurut ahli nutrisi dan fisiologi Mayur Ranchodas dari Sheffield Hallam University, kopi dan lemon tidak memiliki keterkaitan dengan penurunan berat badan

  1. Masukkan Bawang Putih Ke Lubang Hidung

Memasukkan bawang putih ke lubang hidung ramai dilakukan pengguna TikTok guna membatasi hidung tersumbat dan mengatasi sinus. Namun, banyak ahli gizi yang menegaskan untuk menghindari tren ini. Sebab, memasukkan siung bawang putih ke lubang hidung dapat menyebabkan iritasi pada kulit bagian rongga hidung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar