Tiga Cara Agar Pisang Tidak Cepat Busuk

(Foto:Doc,Jpnn)

KBRN,Medan: Pisang adalah buah yang dikenal luas di Indonesia. Buah pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara: dimakan langsung, digoreng, dikukus atau diolah dengan bahan lain menjadi sajian yang nikmat. Harganya yang terjangkau membuat pisang selalu jadi pilihan untuk dikonsumsi setiap hari. Tak hanya enak, manfaatnya juga banyak.

Pisang adalah buah yang cepat matang. Jika tak segera dikonsumsi kulit pisang akan menjadi semakin gelap dan daging buahnya tak lagi segar. Hal ini tentu saja sering kali menjadi masalah ketika kita ingin mengonsumsi pisang dalam waktu yang lama, tidak habis dalam satu atau dua hari saja.

Dikutip dari laman sariagri, ada tiga cara yang bisa kita lakukan agar pisang bisa bertahan lebih lama.

1. Taruh Dalam Wadah Bungkus Plastik

Jika kamu tidak mengonsumsi pisang dalam waktu dekat atau pisang tidak akan dimakan dalam waktu dekat, sebaiknya jangan lepaskan plastik yang melilit pisang. Pasalnya, plastik yang melilit pisang dapat mencegah gas etilen terlepas dari buah, sehingga mencegah pisang menjadi cepat matang dan busuk.

2. Asam Sitrat Untuk Pengawet

Ketika pisang yang kamu beli sudah terlanjur terkupas, kamu bisa mencegahnya dengan menambahkan asam sitrat. Ini bisa didapatkan dari perasan jeruk nipis, jus nanas, dan jus jeruk.

Asam sitrat berguna untuk mengawetkan pisang, sehingga pisang tidak cepat matang. Caranya cukup mudah, kamu campurkan asam sitrat dan air dengan takaran perbandingan dua banding satu, kemudian semprotkan di atas buah pisang. Kemudian simpan pisang di dalam wadah tertutup sampai pisang dikonsumsi kembali.

3. Hindari Sinar Matahari Langsung

Suhu pisang akan naik ketika terkena paparan sinar matahari langsung. Hal ini menyebabkan pisang lebih cepat matang. Oleh karenanya, ada baiknya kamu menyimpah buah satu ini di tempat yang sejuk.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar