Webinar "FISIP UMSU Bicara" Ajak Pemerintah Lebih Dinamis

KBRN, Medan : Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) UMSU melaksanakan kegiatan webinar "FISIP UMSU Bicara"  secara daring melalui zoom, Kamis (14/10/2021).  Webinar yang diikuti 740 peserta ini bertemakan "Sinergisitas Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang Ilmu Sosial & Ilmu Politik di Era New Normal".

Dosen FISIP Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono, M.Sc, menyatakan dalam kondisi seperti saat ini, pemerintah harus lebih dinamis dan terbuka untuk semua pihak. Manajemen keterbukaan dan kolaborasi harus lebih dikedepankan agar penanganan semua persoalan lebih efektif.

“Dalam konteks pemerintahan, model manajemen pemerintahan ini berbeda dengan gaya Performance Based dan Rule Based Bureucracy yang selama ini diterapkan,” jelas Bambang Shergi yang juga Ketua Konsorsium Pekerjaan Sosial Indonesia (KPSI). 

Bambang  juga menyampaikan dalam siatuasi hari ini dan ke depan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ikut bertanggung jawab dalam membangun kapasitas pengendalian (oversight) holistik di tingkat pusat & daerah, dari soft sampai represif.

“Dalam hal pengendalian wabah dan menekan penularan wabah memerlukan 4 elemen dasar, yakni Organisasi (Pelayanan Kesehatan Pemerintahan-Ketertiban), Perubahan Sikap Masyarakat, Bantuan Teknologi Komunikasi, dan Kordinasi-Sumberdaya-Sanksi,” tambahnya.

Kegiatan yang dibuka WR 3 UMSU, Dr. Rudianto, M.Si, ini juga mendatangkan narasumber lainnya yakni Bupati Labuhanbatu Utara, Hendriyanto Sitorus, SE, MM. Bertindak sebagai Moderator dalam webinar itu Ketua Prodi Kesejahteraan Sosial FISIP UMSU, Mujahiddin, M.SP, dengan Pemantik Seminar Dekan FISIP, Dr. Arifin Saleh, MSP.

Bupati Labuhanbatu Utara dalam kesempatan itu menyampaikan terus menggalakkan program Bupati Ngantor di Desa (Bung Desa). (arguanda pribadi).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00