Kompetisi Robotik Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2021

KBRN Medan : Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2021 sudah mencapai tahap puncaknya. Kegiatan  bergengsi ini merupakan tahun Ke-7 yang diikuti oleh seluruh Madrasah se Indonesia. Kompetisi Robotik Madrasah 2021 diselenggarakan  tanggal 16-17 September 2021 di Tangerang Provinsi Banten.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementeriaan Agama Provinsi Sumatera Utara H.Erwin Pinayungan Dasopang mengatakan, berdasarkan PENGUMUMAN Nomor : B-2890/Dj.I/Dt.I.I/HM.01/9/2021 Tentang  Hasil Seleksi Peserta Kompetisi Robotik Madrasah 2021 Madrasah Sumatera Utara berhasil mengirimkan dua Peserta yaitu MAN 1 Medan dan MAN 1 Mandailing Natal, senin 18 Okt.

“MAN 1 Medan diwakili oleh Roihan Sabila Harahap dan Dio Al Iqbal Framoko sebagai peserta dengan guru pembimbing M. Fatur Rohman, Pembina Dra.Hj. Syarifah Zaiton serta Kepala MAN 1 sebagai penanggung jawab Reza Faisal S.Pd, M.PMat, kata Erwin Dasopang.

Dikatakan, dari MAN 1 Mandailing Natal diwakili oleh Nasaruddin Nasution dan Lily Fitri Hasanah sebagai peserta dengan guru pembimbing Reza Hidayat serta Kepala MAN 1 Mandailing Natal Salbiah S.Ag, MM. Bagi MAN 1 Mandailing Natal ini merupakan Kompetisi yang kedua kalinya meraka ikuti sedangkan MAN 1 Medan baru pertama kali mengikuti ajang Kompetisi Robotik Madrasah 2021, tutur Erwin Dasopang.

 Menurut Erwin Dasopang, Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2021 mengusung tema Tema: Robots for Global Pandemic. Teknologi robot diharapkan dapat membantu menyelesaikan isu-isu penting dunia, yakni pandemi Covid-19 yang melanda selama dua tahun terakhir ini.

“Misinya adalah menerapkan teknologi robot untuk menjawab tantangan yang dimunculkan oleh Covid-19, baik itu di bidang Kesehatan, Sosial, Ekonomi, dan Ketahanan hidup. Tema ini diharapkan menginspirasi generasi penerus untuk sadar akan bahaya Covid-19 dan memecahkan masalah yang ditimbulkan dari Covid-19 ini., pungkas Erwin Dasopang.

“Kompetisi Robotik Madrasah 2021 ini dipadukan dengan beragam kemampuan di bidang sains, teknologi, engineering, seni dan matematika. Kemampuan-kemampuan tersebut harus diarahkan untuk memberikan kontribusi dalam memecahkan masalah manusia di muka bumi.

Setelah mengikuti berbagai tahapan dan proses yang diuji oleh dewan juri di bidang professionalnya, berita gembira dan membanggakan hadir juga di hari Minggu, 17 Oktober 2021. Pengumuman yang dikeluarkan oleh dewan juri menyebutkan Madrasah Sumatera Utara Menjadi  Juara 1 yang dipegang oleh MAN 1 Medan dan Juara 2 dipegang oleh MAN 1 Mandailing Natal, pungkas Erwin Dasopang.

“ Saya sangat bangga, haru dan bersyukur kepada Seluruh Madrasah Se-Sumatera Utara, khususnya MAN 1 Medan dan Man 1 Mandiling Natal yang berhasil jadi Juara 1 dan 2 dalam  ajang Kompetisi Robotik Madrasah 2021. Saya ucapkan Terima Kasih kepada siswa kami, guru pembimbing, Kepala Madrasah dan seluruh orang yang telah mendukung dan memberikan perhatian tanpa surut. Saya harap kepada seluruh Madarasah Sumatera Utara dapat berprestasi secara Nasional dan Internasional.” tutur Kabid Penmad Erwin P.Dasopang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00