Demi Sumut Emas PON 2024, PBVSI Giatkan Kejuaraan Voli Pasir Hingga Datangkan Pelatih Asing

KBRN, Serdang Bedagai: Menyisakan tiga tahun lagi jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Sumut dan Aceh, cabang olahraga bola voli Sumut telah mempersiapkan program jangka panjang untuk menjaring atlet potensial dari kabupaten dan kota.

Program unggulan yang dilakukan adalah menjaring tim bola voli putra dan putri, baik voli indoor maupun voli pasir. Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Sumut, Wiko Lovino Siregar dalam sela - sela pembukaan kejuaraan voli pasir antar pelajar di wisata pantai cemara kembar, Serdang Bedagai, Selasa (7/12/2021), kejuaraan ini sebagai pemanasan bagi atlet pelajar yang sudah lama merindukan event akibat kondisi PPKM selama Covid -19.

"Selama covid 19 ini program berhenti termasuk pertandingan berhenti. Jadi, turnamen ini menjadi kick of bagi PBVSI Sumut untuk menggulirkan program selanjutnya," ujar Wiko.

Kurang maksimalnya jumlah peserta kejuaraan kali ini karena bersamaan dengan adanya ujian sekolah bagi pelajar. "Kita mengupayakan untuk 33 kabupaten/kota hadir, tapi karena banyak kendala pelajar ujian, makanya kita bisa datangkan peserta yang ada ini," katanya. 

Meski begitu, Wiko mengapresiasi dispora Sumut yang telah melaksanakan kejurda. PBVSI juga sudah menyiapkan kalender event daerah mulai kejuaraan tingkat daerah, wilayah, hingga provinsi. Sasarannya adalah ajang persiapan menuju Porprovsu 2022 pada November.

"Voli pasir nantikan di PON 2024 ada medali nya. Sehingga mulai februari atau Maret untuk voli pasir kita buat event sampai Porprov 2022 pada november. Jadi prosesnya panjang ini. Jadi ini kick of untuk pemanasan anak - anak karena sudah 2 tahun vakum. Tahun depan ada kejuaraan putaran daerah, wilayah, dan ujungnya Porprovsu," ungkap Wiko.

PELATIH ASING

Tidak hanya giat dalam rencana menggulirkan kejuaraan, demi raihan maksimal pada PON 2024, bola voli Sumut akan datangkan pelatih asing asal Jepang. Makanya, Wiko berharap paling lama Desember 2022, sudah terbentuk skuad bayangan tim bola voli Sumut.

"Desember 2022 PBVSI Sumut targetnya sudah punya bayangan untuk atlet PON baik voli indoor maupun voli pasir. Karena agustus 2023 PBVSI Sumut akan mendatangkan pelatih dari Jepang untuk membina anak - anak pada PON 2024. Minggu depan tim Jepang akan survei ke Medan. Kita betul - betul serius sebagai tuan rumah, ya kita harus berbuat sesuatu. Pembinaan nanti di Medan, tapi 2023 itu sudah KONI yang ambil menuju PON 2024," yakin Wiko.

Terkhusus voli pasir, ke depan pihaknya akan bersinergi dengan dinas pariwisata untuk daerah yang memiliki potensi wisata pantai. Selain ajang prestasi, voli pasir dikatakan Wiko sangat potensial mengarah pada sport tourism di Sumut. Seperti di kabupaten Nias, voli pasir seakan sudah menjadi budaya lokal.

 "Voli pasir ke depan kita kembangkan menjadi sport tourism. Tidak hanya melibatkan dispora dan disdik, tapi juga dinas pariwisata. Jadi melalui voli pasir kita kembangkan sport tourism. Contoh cluster Nias sudah kita siapkan. Voli pasir di Nias kan sudah menjadi budaya lokal. Makanya Nias harus ada lawannya. Sehingga kompetisi itu benar - benar ada," akuinya. 

Sementara, Kejuaraan bola voli pasir antar pelajar se Sumatera Utara ini diikuti 52 atlet utusan dari 9 Pengcab PBVSI kabupaten/kota. Total ada 26 tim, yang dibagi menjadi 13 tim putra dan 13 tim putri. (*)

Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai, H M Faisal Hasrimy mengatakan

"Dipercayanya kami sebagai tempat ini ssbagai ajang promosi kami bagi masyarakat Sumut. Ini bisa jadi promosi wisata kami seperti pantai cemara kembar di Sergai," 

Melalui kejuaraan ini, Faisal berpesan atlet bisa mengahraumkan nama daerah maupun provinsi. 

"Kalian cikal bakal sekaligus harapan bagi kabupaten, provinsi, bahkan negara Indonesia untuk bisa menjadi pahlawan, dan patriot olahraga," pesan Faisal.

Sementara, Kejuaraan bola voli pasir antar pelajar se Sumatera Utara ini diikuti 52 atlet utusan dari 9 Pengcab PBVSI kabupaten/kota. Total ada 26 tim, yang dibagi menjadi 13 tim putra dan 13 tim putri. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar