KPU Siapkan Pemungutan Suara Ulang di 3 Kabupaten Sumut

Herdensi Adnin. Foto : ist

KBRN, Medan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah menyiapkan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tiga kabupaten di Sumatera Utara yang diperintahkan Mahkamah Konstitusi (MK). 

MK telah memutuskan agar tiga daerah di Sumut yakni Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, dan Mandailing Natal, menggelar PSU Pilkada 2020.

Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin mengatakan, KPU Sumut bersama tiga kabupaten tersebut telah berkonsultasi dengan KPU RI terkait persiapan PSU. Namun untuk jadwal pelaksanaan PSU hingga kini belum ditetapkan.

“Kalau jadwal belum ditetapkan karena baru dua hari lalu keputusannya,” ujarnya kepada RRI di Medan, Rabu (24/3/2021).

Herdensi menuturkan, MK memberi waktu 30 hari untuk melaksanakan PSU tersebut sehingga masih cukup waktu bagi tiga kabupaten tesebut untuk mempersiapkan penyusunan tahapan PSU tersebut.

“MK itu sudah jelas bahwa tiga kabupaten ini harus melakukan PSU paling lama 30 hari sejak diputuskan. Jadi sekarang ini, karena sudah konsultasi ke KPU RI, teman-teman sedang mempersiapkan untuk penyusunan tahapan pelaksanaan PSU itu,” jelasnya. 

Menurut Herdensi, pihaknya siap melaksanakan putusan MK tersebut. Termasuk mengganti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Saya kira MK sudah punya pertimbangan kenapa mereka memutus 30 hari sejak diputuskan. Jadi tinggal kami di KPU menyusun tahapan itu sehingga semua aspek bis terpenuhi dan tidak memunculkan persoalan baru,” pungkasnya.

PSU akan digelar di 28 TPS di tiga kabapaten, yakni 16 TPS di Labuhanbatu Selatan, 9 TPS di Labuhanbatu, dan 3 TPS di Mandailing Natal.

Diketahui, hasil Pilkada Labuhanbatu digugat pasangan Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar. Pilkada Labusel digugat pasangan Hasnah Harahap-Kholil Jufri Harahap, sementara Pilkada Madina digugat pasangan calon M Jakfar Sukhairi-Atika Azmi Utammi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00