PSU Kedua Pilkada Labuhanbatu Digelar 19 Juni

KBRN, Medan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu memutuskan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 19 Juni mendatang. PSU kedua di Kabupaten Labuhanbatu tersebut akan digelar di dua TPS di Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan.

Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi mengatakan, pemilihan tanggal 19  Juni disepakati karena mempertimbangkan beberapa hal. Antara lain dari kesiapan penyelenggara.

“Putusan MK memerintahkan KPU Labuhanbatu melaksanakn PSU di dua TPS paling lama 14 hari kerja sejak putusan ditetapkan, yakni batas akhirnya 22 Juni. Jadi dengan melihat kesiapan kita, rancangan tahapan kita, logistik dan sebagainya, maka kita putuskan melaksnaakan 19 Juni,” kata Wahyudi kepada rri.co.id, Senin (7/6/2021). 

Selain itu, ujar Wahyudi, pihaknya juga mempertimbangkan bahwa 19 Juni merupakan hari libur.

“PSU dapat dilakukan pada hari kerja dan hari libur. Bagi yang bekerja di pemerintahan kan libur. Kalau hari Minggu ada yang beragama Nasrani bisa terganggu, maka kita pilih hari Sabtu, tanggal 19 Juni,” ujarnya.

Wahyudi menuturkan, pihaknya juga sudah melaksanakan rapat koordinasi terkait kesiapan pelaksanaan PSU tersebut.

“Hari ini KPU Labuhanbatu sudah melakukan evaluasi terhadap badan adhoc kita, baik PPK, PPS, dan KPPS, menanyakan kesediaannya. Kemudian mengevaluasi kerjanya kemarin apakah ada yang kurang baik atau diragukan independensinya,” sebutnya.

Menurut Wahyudi, KPU Labuhanbatu juga akan melakukan sosialisasi kepada 942 pemilih di 2 TPS tersebut, yakni TPS 7 dan TPS 9. 

Untuk jumlah pemilih ini menurutnya juga tidak mengalami perubahan dari jumlah pemilih pada PSU pertama 24 April 2021 lalu.

“Pemilih tidak ada perubahan. Semua pemilih yang datang dan tercatatkan pada DPT, DPTb dan DPPh pada 24 April 2021 kemarin itu punya hak pilih pada PSU 19 Juni nanti. Tentunya yang memenuhi syarat, karena ada juga yang sudah meninggal dunia,” ujarnya. 

Dikatakan Wahyudi, pihaknya menargetkan semua persiapan segera terpenuhi termasuk logistik. 

“Mudah-mudahan tidak ada masalah, tinggal menyempurnakan mana yang masih kurang,” pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00