Pemda Harus Perhatikan Kebutuhan Pegawai dalam Perekrutan CASN

KBRN, Medan : Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang meminta pemerintah daerah (Pemda) benar-benar memperhatikan roadmap atau alokasi kebutuhan pegawai dalam rekrutmen CASN. Pegawai yang direkrut memang sangat dibutuhkan oleh daerah.

Hal itu ia sampaikan dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi II DPR RI ke Provinsi Sumut, yang diterima Pj Sekda Sumut Afifi Lubis di Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Medan, Rabu (22/9/2021).

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan sepakat bahwa anggaran perekrutan tidak hanya ditampung di APBD, namun harus juga di APBN. Untuk penerimaan tahun ini ada beberapa daerah lainnya yang juga siap melaksanakan perekrutan. 

"Kunker ini bertujuan untuk mengetahui sinkronisasi anggaran antara Pemerintah Pusat dan Pemda apalagi di masa pandemi saat ini. Kemudian jumlah CASN yang ditentukan Pemerintah Pusat dengan kebutuhan di daerah. Kami juga sudah melihat bagaimana persiapan di BKN Kenreg dalam persiapan tes CASN nantinya," ucap Junimart Girsang. 

Pj Sekda Sumut Afifi Lubis sebelumnya menyampaikan kendala yang dihadapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut terkait rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021. Pemprov Sumut tahun ini tidak dapat melaksanakan rekrutmen karena terkendala anggaran, efek dari pandemi Covid-19. 

"Persoalan kepegawaian memerlukan perhatian khusus yang terus menjadi pertimbangan kami untuk tidak dapat melaksanakan rekrutmen pada tahun ini, yakni terkendala APBD Pemprov Sumut yang tidak mampu menampung pembayaran gaji pegawai nantinya," ucap Afifi Lubis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00