22 Mei, Momen Memperingati Hari Keanekaragaman Hayati

Hari Keanekaragaman Hayati.

KBRN, Takengon : Hari Keanekaragaman Hayati Internasional adalah momen yang dirayakan PBB, untuk menggalakkan beragam isu lingkungan hidup. Hari tersebut dirayakan tiap 22 Mei, seperti Minggu hari ini.

Melalui peringatan Hari Keanekaragaman Hayati diharapkan muncul pemahaman dan kesadaran terhadap biodiversitas di muka bumi.

Sekretariat Konvensi Keanekaragaman Hayati mengungkapkan tema Hari Keanekaragaman Hayati 2022 adalah “Membangun Masa Depan Bersama untuk Semua Kehidupan."

Tema tersebut dipilih untuk terus membangun momentum dan dukungan bagi kerangka keanekaragaman hayati global pasca-2020. Hal itu akan diadopsi dalam Konferensi Keanekaragaman Hayati PBB #COP15 mendatang.

Keanekaragaman hayati tetap menjadi jawaban atas beberapa tantangan pembangunan berkelanjutan. Mulai solusi berbasis alam, iklim, kesehatan, ketahanan pangan dan air, serta mata pencaharian berkelanjutan, keanekaragaman hayati menjadi pondasi untuk membangun kembali agar lebih baik. 

Hari Keanekaragaman Hayati Internasional termasuk dalam ruang lingkup Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Agenda Pembangunan Pasca 2015 PBB. Dalam prakarsa kerja sama antarbangsa yang lebih besar ini, topik keanekaragaman hayati menjadi perhatian bagi para pemangku kepentingan lingkungan hidup.

Peran penting keanekaragaman hayati dalam pembangunan berkelanjutan, diakui dalam dokumen hasil Rio+20: Dunia yang Kita Inginkan: Masa Depan untuk Semua. Sejak itu banyak agenda keanekaragaman hayati yang dilakukan, buat menjaga bumi lebih lestari.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar