Pembangunan IKN Tahap 1 Diyakini Selesai 2024

Pekerja mengoperasikan alat berat di dekat patok titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj)

KBRN, Jakarta: Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN, Sidik Pramono meyakini pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap 1 di Kalimantan Timur akan sesuai target, yakni di tahun 2024.

Menurutnya, tahapan pembangunan ibu kota baru ini sudah tertera dalam UU Nomor 3 tahun 2022 tentang IKN yang dibagi lima tahapan hingga 2045.

"Insyallah akan sesuai target di 2024, tahapan-tahapan itu secara detail sudah tertera di undang-undang, di bagian lampiran aturan ini," kata Sidik dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Kamis (23/6/2022). 

Ia juga mengatakan pembangunan jalan utama ke IKN melalui tol Balikpapan akan segera dilakukan pada Juli mendatang. Selain itu, pembangunan juga akan berkonsentrasi pada penyediaan lahan.

"Yang pasti di tahap pertama ini kita akan berkonsentrasi pada penyediaan kawasan. Seperti sudah dimulai pembangunan bendungan yang sudah ditinjau juga oleh Presiden kemarin," katanya. 

Pada pembangunan air baku, Sidik mengatakan, sudah dimulai sejak lama, dengan target 2023 mendatang akan selesai.

"Pembangunan ini akan menjadi pemasok kebutuhan air baku bagi penduduk di IKN dan sekitarnya. Dan kapasitasnya mampu masuk hingga 1,5 juta penduduk di sana," jelasnya. 

Ia meminta seluruh masyarakat terus mendukung proses pembangunan IKN ini. 

"Tentu kami menghargai masukan dan pendapat dari masyarakat, termasuk para ahli yang menyatakan terkait pembangunan IKN. Tentu ini menjadi pemicu semangat kita," jelas Sidik.

"Sekali lagi bergerak bersama-sama dengan seluruh elemen bangsa ini, bekerja optimal, mengoptimalkan seluruh sumberdaya yang kita miliki. Karena, IKN ini menjadi kesempatan kita untuk menjawab tantangan ke depan menyelesaikan berbagai persoalan, untuk menciptakan pembangunan Indonesia sentris, pembangunan adil. Dengan tujuan tersebut, elemen bangsa bisa bersama bergerak mewujudkan tujuan tersebut," katanya. 

Pemerintah direncanakan melakukan peletakan batu pertama Istana Presiden, pusat perkantoran, dan fasilitas publik, seperti pendidikan, kesehatan dan komersial, di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2022. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu (22/6/2022). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar