Hari Ini Pelantikan PJ Gubernur Aceh Achmad Marzuki

Achmad Marzuki saat aktif di TNI dengan pangkat Mayjen TNI. Ia telah mengundurkan diri dari TNI dan hari ini dilantik sebagai PJ Gubernur Aceh. (foto: istimewa)

KBRN, Lhokseumawe : Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tiba di Aceh, Selasa (5/7/2022). Kedatangan mantan Kapolri ini ke tanah rencong untuk melantik PJ Gubernur Aceh Achmad Marzuki menggantikan Nova Iriansyah yang sudah habis masa jabatan. 

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan melantik PJ Gubernur Aceh di gedung DPR Aceh, Banda Aceh pada Rabu (6/7/2022). 

Achmad Marzuki merupakan mantan Panglima Kodam Iskandar Muda. Perwira tinggi TNI kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 24 Februari 1967, statusnya pernawirawan alias bukan lagi TNI aktif.

Ia sempat mengenyam pendidikan di Akademi Militer pada tahun 1989. Marzuki memulai karir militernya dengan menjadi Danyonif 411/Pandawa pada tahun 2004-2006. 

Kemudian dia sempat menjabat sebagai Asops Kasdam V/Brawijaya pada 2010-2012. Selanjutnya, pada 2012-2013 dia menjabat sebagai pamen Denma Mabesad. 

Sejak saat itu, karirnya pun makin bagus. Berbagai jabatan lain di militer juga pernah ia pegang seperti Dirbinsen Pussenif Kodiklat TNI AD, Danrem 174/Anim Ti Waninggap, Komandan PMPP TNI dan Pangdam Iskandar Muda. Hingga pada 17 November 2021, dia sempat menjadi Asisten Teritorial KSAD. 

Nah, pada 4 Juli 2022, dia diberi amanat untuk mengemban tugas sebagai Staf Ahli Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa Kementerian Dalam Negeri. Sebelumnya ia juga sempat menjabat sebagai Tenaga Ahli Pengkaji bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri) Benni Irwan menegaskan tidak ada yang salah dari pengangkatan Achmad Marzuki sebagai PJ Gubernur Aceh.

“Bapak Achmad Marzuki bukan lagi Anggota TNI aktif, beliau sudah mengundurkan diri dan pensiun dari dinas aktif keprajuritan TNI,” ucap Benni dalam keterangan persnya, Selasa (5/7/2022).

s.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar