Tiga Pati Polri Dimutasi Diduga Terkait Pencopotan CCTV

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah) bersama jaarannya konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022) malam. (Foto: RRI.CO.ID/Denisa Tristianty)

KBRN, Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengklarifikasi pernyataan terkait tiga perwira tinggi (pati) Polri yang masuk dalam daftar mutasi. Listyo sempat menyebutkan, tiga pati Polri adalah mereka dengan pangkat bintang tiga.

Dalam pernyataan itu, Kapolri Listyo juga menyinggung terkait personil terlibat dalam pencopotan kamera pengawas (CCTV) di tempat kejadian perkara (TKP) kasus pembunuhan Brigpol J/Yosua Hutabarat. Brigpol J diduga tewas di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Komplek Polri, Jakarta, pada Jumat (8/7/2022).

"Mohon maaf, tiga pati Polri, bintang satu. Dan saat ini, sedang berproses. Kemungkinan juga akan berkembang ke nama nama lain, atau pangkat pangkat lain," kata Kapolri Listyo saat konferensi pers perkembangan penyidikan kasus dugaan pembunuhan Brigpol J/Nofriansyah Yosua Hutabarat di Lobi Utama Gedung Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022) malam.

Baca juga: Kapolri Ungkap 25 Personil Diperiksa Irsus Hingga Mutasi

Namun, Listyo menekankan, publik dan media massa telah mengetahui kamera pengawas (CCTV) telah diambil dari tempat kejadian perkara pembunuhan. Yaitu, di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo---saat peristiwa, menjabat Kadiv Propam Polri.

"(CCTV, red) diambil pada saat di (pos) Satpam, dan itu juga kita dalami. Kita sudah dapatkan, bagaimana proses pengambilan, dan siapa yang ambil. Itu juga sudah kita lakukan pemeriksaan, dan saat ini sebetulnya kita akan melanjutkan proses selanjutnya," kata Kapolri Listyo.

Mereka yang diperiksa terkait pencopotan kamera pengawas TKP pembunuhan, tidak hanya akan diproses pelanggaran kode etik.

"Atau akan masuk dalam pelanggaran pidana," kata dia.

Baca juga: Kapolri Ungkap 25 Personil Diperiksa Irsus Hingga Mutasi

Meski Kapolri Listyo tidak menjelaskan nama nama pati diduga terlibat dalam pencopotan kamera pengawas TKP, dia mengungkap terdapat empat orang perwira ditempatkan khusus di suatu tempat saat ini.

"Selama tiga puluh hari ke depan. Apakah masuk pidana, atau masuk etik," kata Kapolri Listyo.

Ajudan Irjen Ferdy Sambo telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Tim Khusus (Timsus) Polri, pada Rabu (3/4/2022) pukul 22.25 WIB. Dia adalah Bharada E, yang sebelumnya diduga menembak Brigpol J hingga tewas, pada Jumat (8/7/2022) lalu.

Bharada E disangkakan Pasal 338 juncto 55 dan juncto 56 KUHP.

Ketentuan mutasi 10 perwira, dan lima perwira terima promosi juga telah ditepakan Kapolri Listyo. Itu termaktub dalam Surat Telegram Khusus Kapolri TR ST Nomor 1628/VIII/KEP/2022 tanggal 4 Agustus 2022. Total, 15 orang.

Berikut ini daftar nama sepuluh perwira Polri dimutasi, dan lima mendapat promosi berdasarkan ST TR Nomor 1628/VIII/KEP/2022 Tanggal 4 Agustus 2022:

1. Irjen Pol. Ferdy Sambo Kadiv Propam Polri dimutasi sebagai Pati Yanma Polri.

2. Irjen Pol. Syahardiantono selaku Wakabareskrim Polri diangkat sebagai Kadiv Propam Polri.

3. Brigjen Pol. Hendra Kurniawan, Karo Paminal Div Propam Polri dimutasi sebagai Pati Yanma Polri

4. Brigjen Pol. Anggoro Sukartono, jabatan Karo Waprof Div Propam Polri diangkat sebagai Karo PaminalDiv Propam Polri.

5. Kombes Pol. Agus Wijayanto, jabatan Sesro Wabprof Div Propam Polri, diangkat jabatan baru sebagai Karo Wabprof Div Propam Polri

6. Brigjen Pol Benny Ali, jabatan Karo Provos Div Propam Polri dimutasi sebagai Pati Yanma Polri.

7. Kombes Pol Gupuh Setiyono, jabatan Kabag Yanduan Div Propam Polri diangkat sebagai jabatan baru Karo Provos Div Propam Polri

8. Kombes Pol Denny Setia Nugraha Nasution SIK, MH Sesro Paminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri

9. Kombes Pol. Edgar Diponegoro, jabatan Kabag Binpam Ropaminal Div Propam Polri diangkat sebagai Sesro Paminal Div Propam Polri

10. Kombes Pol. Agus Nur Patria, jabatan Kaden A Ropaminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

11. AKBP Arif Rachman Arifin Wakaden B Ropaminal Div Propam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri

12. Kompol Baiquni Wibowo, jabatan PS. Kasubbag Riksa Bag Gak Etika Rowabprof Div Propam Polri dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri

13. Kompol Chuck Putranto PS. Kasubbagaudit Bag Gak Etika Rowabprof Div Propam Polri dimutasi Pamen Yanma Polri

14. AKBP Ridwan Rheky Nellson Soplanit, jabatan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri.

15. AKP Rifaizal, jabatan Kanit I Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pama Yanma Polri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar