Timsus Polri Limpahkan Berkas Empat Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Ketua Tim Penyidik Timsus Polri Brigjen Andi Rian Djajadi (tegah depan kemeja batik kuning), Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto (kanan depan) seragam Polri saat konferensi pers di Lobi Utama Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (19/8/2022). (Foto: Dok. RRI.CO.ID/Denisa Tristianty)

KBRN, Jakarta: Tim Khusus (Timsus) Polri menyatakan, hari ini Jumat (19/8/2022), akan melimpahkan berkas empat tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga telah menginstruksikan, segera mengusut kasus itu dengan penyelidikan kejahatan secara ilmiah.

"Empat berkas tersangka, yaitu FS, KM, RR, dan RE, secara maksimal melengkapi pemberkasan perkaranya. Kemarin juga dilaksanakan gelar untuk kelengkapan berkas perkara, terhadap empat perkara ini, penyidik InsyaAllah selesai ini, penyidik akan menyerahkan berkas perkara empat tersangka ke Kejaksaan selaku JPU (jaksa penuntut umum). Selesai rilis ini," kata Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto saat konferensi pers di Lobi Utama Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Baca juga:  Ditetapkan Tersangka, Istri Irjen FS Belum Ditahan

Timsus, lanjut dia, dalam pemeriksaan khusus ini telah memeriksa 83 personel. Sebanyak 18 personel juga ditempatkan khusus, tapi berkurang tiga.

"Yaitu, satu FS karena sudah jadi tersangka, RR sudah jadi tersangka, dan RE sudah menjadi tersangka," kata Komjen Agung.

Agung juga menjelaskan, berdasarkan pemeriksaan khusus tersebut, 35 personel telah direkomendasikan untuk penempatan khusus.

"Berdasarkan pemeriksaan khusus ini, dari 15 personel dipatsuskan (penempatan khusus). Penyidik juga​​ melakukan pemeriksaan mendalam, maka terdapat enam orang yang patut diduga melakukan tindak pidana," ungkap Komjen Agung.

"Saya ulangi namanya. Satu FS, kedua BJP AK, ketiga AKBP ANT, keempat AKBP AR, Kompol BW kelima, dan Kompol CP," katanya menambahkan. 

Adapun lima personel yang dipatsuskan tersebut, dalam waktu dekat akan dilimpahkan ke penyidikan. Khususnya secara teknis sangkaan pasalnya.

"Oleh karena itu, akan ditingkatkan penyidikan lebih dalam. Nanti akan dijelaskan oleh Bareskrim," kata Komjen Agung. 

Baca juga:  Polri Mendapat Perhatian Khusus Pasca Peristiwa Duren Tiga

Pada kesempatan itu,  Ketua Tim Penyidik ​​Tim Khusus Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menjelaskan pelimpahan berkas empat tersangka. Itu, juga berdasarkan pemeriksaan 52 orang saksi.

"Kami sampaikan, empat berkas perkara tersangka sebelumnya, yaitu saudara FS, saudara RR, saudara RE, dan saudara KM hari ini akan dilaksanakan pelimpahan ke Kejaksaan, atau Tahap I. Untuk kemudian nanti dipelajari oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), " kata Brigjen Andi Rian.

Seperti sebelumnya, Brigjen Andi Rian juga telah mengatakan, empat tersangka dijerat pasal berlapis, diawali pasal dugaan pembunuhan berencana. Mereka disangkakan Pasal 340 Subsider Pasal 338 Juncto 55 dan Juncto 56 KUH Pidana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar