Polisi Memastikan Nama Fasilitator Massa Demonstrasi Ciptaker

Ilustrasi barikade polisi dalam salah satu aksi massa yang berujung ricuh saat menolak pengesahan UU Ciptaker di Jakarta dan Bekasi (Ant/Fakhri Hermansyah)

KBRN, Jakarta: Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, massa perusuh penolakan Undang Undang Cipta Kerja di beberapa daerah ternyata datang ke Jakarta karena difasilitasi atau ada pihak yang menjadi fasilitator di balik gerakan massa tersebut.

"Aksi unjuk rasa mereka dari berbagai daerah, Bogor, Sukabumi, Indramayu, Subang, Cilegon, Bekasi, Tangerang ini berasal dari beberapa wilayah, di samping Jakarta, ya," kata Nana di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (27/10/2020).

Sementara, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus memastikan, pihaknya sudah mengantongi nama-nama fasilitator gerakan massa dari daerah ke Jakarta tersebut, namun belum dapat membeberkannya karena masih dalam pengejaran.

Berdasarkan hasil penyelidikan polisi dan keterangan saksi, massa peserta demonstrasi disediakan bus, truk, hingga kereta api dari daerah asalnya untuk datang ke Jakarta.

"Ini yang mengajak langsung sudah kita profiling, sudah kita (lakukan) pengejaran. Ini sudah di-profiling, nama-nama sudah ada, dan akan kita kejar semuanya," tegas Yusri.

Sebanyak 143 orang telah ditetapkan sebagai tersangka terkait kericuhan demonstrasi menolak UU Ciptaker di beberapa daerah, termasuk di Jakarta. 

Sebanyak 67 orang ditahan, sementara 31 orang di antaranya masih berstatus sebagai pelajar dan anak di bawah umur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00