Pengacara Minus Surat Kuasa, Sidang Raffi Ditunda

Raffi Ahmad/ Dok. Istimewa

KBRN, Jakarta: Pengacara Raffi Ahmad, Jonathan Tampubolon tidak dapat menunjukkan surat kuasa atas perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan. Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Depok pun menunda jalannya sidang.

Kepada majelis hakim, Jonathan mengaku belum membawa surat kuasa karena hanya diberi kuasa secara lisan.

"Kami mohon izin diberi kesempatan melengkapi surat kuasa," kata Jonathan di ruang sidang Cakra, PN Depok, Jawa Barat, Rabu (27/1/2021). 

Mendengar itu, pihak penggugat, David Tobing pun mengaku keberatan. 

Hakim Ketua, Eko Julianto pun mengabulkan keberatan penggugat dengan menyatakan Jonathan belum sah secara formil sebagai pengacara Raffi.

"Ketika seorang menyatakan sebagai kuasa, harus dibuktikan dengan surat kuasa. Jadi dalam persidangan, secara formil tergugat Raffi Ahmad tidak hadir dalam sidang demikian juga pihak yang dinyatakan kuasa, belum sah sebagai kuasa. Jadi keingian saudara untuk melihat tidak bisa diberikan kesempatanya," jelasnya.

Eko pun menunda jalannya sidang hingga Rabu (3/2/2021) pekan depan. Di sidang pekan depan, Eko kembali memanggil Raffi untuk menghadiri persidangan. Sebab hari ini dia dianggap tidak hadir, akibat pengacara tidak mengantongi surat kuasa.

"Karena pada prinsipnya secara formil tergugat tidak hadir. Kita akan panggil kembali Raffi Ahmad dengan kuasanya. Sehingga akan kami panggil lagi. Kami panggil lagi satu minggu ke depan di hari Rabu," tukasnya.

Sebelumnya diketahui jika Raffi Ahmad kedapatan berkumpul bersama teman-teman dan diduga tidak menerapkan protokol kesehatan pada Rabu (13/1/2021). Padahal, pada pagi harinya, dia baru saja menerima vaksin di Istana Merdeka bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Foto Raffi Ahmad: Dok. Istimewa

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00