Tiba di Madinah, Wapres Disambut Pasukan Kehormatan Saudi

Wakil Presiden Maruf Amin tiba di Royal Terminal Madinah, Selasa (5/07/2022) pukul 14.20 Waktu Arab Saudi. (Foto: Setwapres RI)

KBRN, Madinah: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, tiba di Madinah, Arab Saudi, untuk menjalani rangkaian ibadah haji 1443 Hijriah, Selasa (5/7/2022).

Setelah menempuh penerbangan rute Jakarta-Madinah selama kurang lebih sembilan jam, pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300 ER yang membawa Wapres Maruf Amin, beserta istri Wury Ma’ruf Amin, tiba di Royal Terminal Madinah pukul 14.20 Waktu Arab Saudi.

Dikutip dari siaran pers, setibanya di Royal Terminal Madinah, Wapres dan rombongan disambut oleh pasukan kehormatan militer dari pihak pemerintah Arab Saudi.

"Di bawah tangga pesawat, tampak jajar kehormatan yang menyambut Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin. Dalam jajar tersebut hadir diantaranya Deputi Gubernur Madinah Wahib Bin Muhammad Alsihli, Duta Besar LBBP RI di Riyadh Abdul Aziz Ahmad, Atase Pertahanan KBRI Riyadh Putut Witjaksono Hadi dan Staf Teknis Imigrasi Ahmad Zaini," demikian bunyi keterangan resmi Sekretariat Wapres (Setwapres) dikutip RRI.co.id, Rabu (06/07/2022).

"Selain itu, tampak juga jajar pasukan kehormatan militer dari pihak pemerintah Arab Saudi dalam penyambutan ini," lanjut keterangan tersebut. 

Setelah beramah-tamah singkat di Royal Terminal Madiah, Wapres beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Hotel Hilton Madinah.

"Selanjutnya, Wapres dan rombongan terbatas melakukan persiapan untuk menunaikan ibadah Salat Maghrib, ziarah ke Makam Rasulullah dan Raudah serta Salat Isya," tambah keterangan tersebut.

Selama kurang lebih tujuh hari ke depan, Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin akan melaksanakan seluruh rangkaian ibadah di Madinah dan Mekah. 

"Di tengah cuaca panas di negara tersebut, tak lupa Wapres dan rombongan terus menjaga stamina dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sesuai dengan aturan dari pemerintah Arab Saudi," tutup keterangan Setwapres RI. 

Diberitakan sebelumnya, Wapres bertolak menuju Arab Saudi, Selasa kemarin, untuk menjalankan ibadah haji atas undangan dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud.

"Hari ini Wapres bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ke negara Arab Saudi. Wapres dalam hal ini mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan prosesi Ibadah Haji. Ketepatan pada tahun ini adalah Haji Akbar, ya, jadi di Arafah itu hari Jumat. Dan Insya Allah Wakil Presiden bersama rombongan akan melaksanakan prosesi ibadah haji tersebut,” tutur Masduki.

Masduki menuturkan, undangan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud untuk Wapres disampaikan melalui Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi.

“Undangan ini disampaikan oleh Kerajaan Arab Saudi pada tanggal 9 Juni yang lalu dimana waktu itu Duta Besar Arab Saudi datang ke kediaman Wakil Presiden,” paparnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar