Alami Kecelakaan Kerja, TKA asal China Tewas

KBRN, Cilegon: Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China bernama Thang Zhiming (23) tewas. Thang tewas diduga akibat  kecelakaan kerja saat di atas kapal MV Asian Champion yang sedang sandar di Jetty Pabrik PT Asahimas Chemical, Kota Cilegon pada Senin, (13/4/2021) sekitar pukul 08.00 WIB.

"Kita (KKP Banten) dapat informasi dari agen jam 10.00, kejadian jam 08.00. Itu katanya saat kapal sandar di Asahimas karena kena crane. Itu terkena benturan. Kita dapat laporan dari  kapten kapal melalui agen," kata Kepala KKP Banten, Sedya Dwisangka saat dikonfirmasi, Kamis (15/4/2021). 

Lebih lanjut Sedya mengatakan, kru kapal pasca tewas langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat oleh pihak Asahimas Chemical. Kasus tersebut kemudian diserahkan kepada pihak Polres Cilegon. 

"Kondisi kru itu saat kita datang sudah meninggal di rumah sakit. Hari itu juga, kita investigasi, tim kami dengan tim dari kepolisian," tuturnya. 

Terpisah, Humas Manajer PT. Asahimas Chemical Rofi Khalatif membenarkan kejadian tersebut. Namun, dirinya membantah kalau TKA yang meninggal dunia itu bukan tewas saat bongkar muat di jetty perusahaan. Korban kata dia dilaporkan meninggal saat diatas kapal. 

"Itu bukan laka kerja di Asahimas. Itu kecelakaan di kapal. Saat mendapat informasi, kita langsung membantu evakuasi ke rumah sakit, dengan ambulan kita," paparnya. 

Terkait dengan tewasnya TKA itu, Rofi menyampaikan, saat ini tengah ditangani oleh pihak Kepolisian Polres Cilegon. 

"Itu datang dari KSKP Banten, Polres, Inavis lengkap semua. Yang mengurus semua Polres," terangnya. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00