Longsor Bandung Barat Tewaskan Satu Orang

Ilustrasi Longsor-ist

KBRN, Jakarta: Wakil Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan hujan deras yang terjadi pada Sabtu (8/5/2021) malam mengakibatkan bencana longsor di Kampung Manglayang, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. 

Akibat longsor itu, menyebabkan satu korban tewas tertimbun tanah. Adapun peristiwa longsor terjadi pada pukul 21.00 WIB. Longsor disebabkan hujan deras yang mengguyur lokasi kejadian.

"Hujan lebat yang turun sejak pukul 19.00 WIB mengakibatkan air meluap karena drainase yang terbatas sehingga tidak mampu menampung debit air," kata Hadi, Minggu (9/5/2021).

Hadi melanjutkan, curah hujan yang begitu tinggi mengakibatkan tebing setinggi tiga meter longsor dan menimpa perumahan warga.

"Satu unit rumah tertimpa longsoran atas nama Yanti (40) yang dihuni empat orang. Satu orang tertimbun atas nama Rudi (35) yang merupakan adik pemilik rumah yang sedang berkunjung untuk berbuka bersama," ujar Hadi.

Korban Rudi ditemukan masyarakat bersama aparat gabungan yang bahu membahu melakukan pencarian dan evakuasi. Rudi pun langsung dibawa ke rumah duka di Kampung Nyingkir, Desa Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong."Korban pada pukul 00.00 WIB dibawa keluarganya ke Desa Cigugur, Kecamatan Parongpong untuk dimakamkan," ucap Hadi.

BPBD Provinsi Jawa Barat telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung Barat dan Polsek Cisarua telah melakukan kaji cepat ke lokasi bencana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00