Menkes: Varian Baru Covid-19 Banyak di Sumatera

Ilustrasi (Doc Istimewa) .jpg

KBRN, Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kasus mutasi Covid-19 banyak ditemukan di Pulau Sumatera, terutama di Palembang, Sumatera Selatan. 

Oleh karena itu, guna mengantisipasi penularan pemerintah memperketat arus warga di Pelabuhan Merak-Bakauheni yang merupakan pintu keluar masuk Jawa-Sumatera.

"Mutasi virus baru itu banyak kita identifikasi di Sumatera, salah satu masuknya di Palembang. Sehingga bapak ibu menjaga orang yang balik lagi dari Sumatera yang masuk sini, itu kalau bisa di swab antigen, supaya kita bisa tahu," kata Menkes di Dermaga Eksekutif Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu (9/5/2021) dilansir CNNIndonesia.

Budi tidak menjelaskan secara rinci, berapa jumlah kasus pasien yang terinfeksi varian baru Covid-19.

Ia hanya mengingatkan, agar masyarakat tetap wajib mematuhi protokol kesehatan. Kata Budi, menggunakan masker sangat penting guna menekan laju penularan virus Covid-19. 

"Masker mengurangi drastis penularan. Tadi saya pas jalan di luar, intip-intip masih banyak yang tidak masker dalam perjalanan," terangnya.

Juru Bicara Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengklarifikasi, saat ini terdapat 10 kasus varian B1617 asal India yang ditemukan di Indonesia. 

Ia menyebut, 8 varian corona baru asal India yang dilaporkan, Sabtu (8/5/2021), adalah penambahan dari kasus varian B1617 yang ditemukan di Jakarta.

Kedelapan kasus tersebut tersebar Palembang dan Palangkaraya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00